Sukses

Motor Listrik Elbike Siap Meriahkan Kendaraan Ramah Lingkungan di Indonesia

Tren motor listrik di Indonesia yang semakin ramai membuat PT ELNUSA menghadirkan motor listrik baru di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Program Corporate Innovation dari PT ELNUSA Tbk, AGNI, berhasil kembangkan motor listrik yang dinamakan Elbike. Setahun berjalan, program AGNI sudah menelurkan empat produk motor listrik dari 13 tim yang dijaring melalui dua batch dan tim tersebut disebut Agniers.

Produk yang dihadirkan ini berbeda dengan produk utama lini bisnis ELNUSA. Sebelumnya, ELNUSA lebih dikenal sebagai perusahaan layanan di bidang energi. Salah satu produk yang siap untuk dikenalkan yaitu Elbike, sebuah motor listrik yang beberapa waktu lalu (23/11) telah dipamerkan secara internal di Graha ELNUSA.

Showcase tersebut tidak hanya menampilkan prototype produk, namun juga untuk menggali feedback dalam melakukan pengembangan produk tersebut.

Direktur Pengembangan Usaha & Operasi ELNUSA, Arief Riyanto mengatakan “Saya tidak menyangka teman-teman Agniers dapat membuat sepeda motor listrik yang menarik, namun nantinya harga jual dan layanan yang ditawarkan harus menarik agar bisa kompetitif dengan yang ada di market saat ini, dan nantinya diharapkan dapat dibuat menjadi tiga versi berdasarkan output tenaga yang dihasilkan agar sesuai dengan kegunaan dan juga harganya.”

Tim Elbike dibentuk oleh tiga karyawan Elnusa diantaranya Fachrul Muttaqien, M. Reza Falevi dan M. Dhea Titis G. Melihat sedikitnya penyediaan jasa konversi motor listrik, serta masih kurangnya varian motor listrik buatan lokal yang berdesain menarik, membuat Elbike melihat hal tersebut sebagai peluang.

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Elbike Juga Bisa Konversi dan Modifikasi Motor Listrik

Elbike mengembangkan produk berupa layanan konversi dan modifikasi motor listrik, baik berupa kit maupun produk akhir sepeda motor listrik. Hal ini juga bertujuan agar nantinya para pengguna sepeda motor konvensional yang ingin mengonversi kendaraannya menjadi sepeda motor listrik, dapat menggunakan jasa Elbike melalui platform digital untuk desain serta pemesanan yang telah disediakan.

Elbike memiliki beberapa desain produk motor listrik yang berbeda di tiap produknya, produk andalan dari ELBIKE adalah ECR-3000 “Bima Enduro” Supermoto Traill Bike dan dapat dipacu hingga 100 km per jam. Selain itu, juga ECR-1000 “Classic” yang terinspirasi Harley Davidson Twin Model 10F tahun 1914 dan juga ECR-500 “Gorilla” yang terinspirasi Honda Z50 “Monkey” yang saat ini kepopulerannya menanjak dan diburu oleh kolektor sepeda motor.

“Bagus motornya, dari sisi frame, center of gravity, responsive dan pengendalian, sudah setara sepeda motor listrik pabrikan besar,” ujar VP Oilfield Services ELNUSA, Rony Hartanto yang turut hadir dalam acara showcase dan juga merupakan penggemar sepeda motor Vespa.

Elbike nantinya tidak hanya menyediakan jasa modifikasi dan konversi, tetapi juga berencana bekerja sama dengan startup AGNI lain yaitu EVINE dalam hal layanan terintegrasi pengecasan cepat (Fast Charging) dan manajemen baterai.

“Kami memang mendorong teman-teman Agniers untuk berkolaborasi dalam pengembangan produk, tidak hanya sesama agniers, tapi juga startup lain di luar ELNUSA, agar akselarasi produknya optimal,” pungkas Manager AGNI, Deny Christian.

3 dari 3 halaman

Infografis 10 Aturan Wajib Dipatuhi Saat Pengetatan PSBB Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.