Sukses

Terinspirasi Yamaha YZF-R1, Purwarupa MX King Tampil Sangar

Yamaha F155 merupakan purwarupa dari Yamaha Exciter 155 atau MX King. Motor konsep yang diperkenalkan di Vietnam ini terinspirasi dari Yamaha YZF-R1.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha F155 merupakan purwarupa dari Yamaha Exciter 155 atau MX King. Motor konsep yang diperkenalkan di Vietnam ini terinspirasi dari Yamaha YZF-R1.

Tidak untuk dijual melainkan hanya sebagai referensi modifikasi, Yamaha F155 yang kabarnya dibuat di Jepang itu pamer diri saat peluncuran Yamaha Exciter 155 terbaru.

Tidak tanggung-tanggung, total modifikasinya mencapai 100.000 USD atau setara dengan Rp 1,4 miliar. Angka yang cukup fantastis untuk membangun sebuah motor bebek purwarupa. Tapi semua itu terlihat realistis ketika melihat beberapa komponen yang terpasang.

Disebutkan, peranti yang terpasang di F155 berbeda dengan versi resmi Exciter. Walau hanya berjenis cub, ia dibangun dengan kerangka Deltabox, yang selalu menempel di motor sport Yamaha.

Selain itu dipasangkan juga knalpot underbelly, swing arm kekar, hingga suspensi depan upside down. Paling mencolok yakni desain eksteriornya, serbatajam dan bernuansa futuristis.

Ditambah dengan ram-air bergaya R1 dan dikelilingi oleh pelengkap aerodinamis. Apalagi dibalut warna hitam doff dengan list merah, bikin tampilannya makin keren.

Tengok saja bagian bodi depannya, terlihat lancip dengan bentuk lampu yang dibuat lebih tajam. Dilengkapi pula dengan pencahayaan berteknologi LED. Sudah dilengkapi pula dengan air scoop, layaknya fairing motor sport.

Tak terlihat sinyal belok maupun penempatan pelat nomor. Wajar karena itu masih berupa purwarupa. Batok atas hanya dipasangkan cover kecil untuk menutupi bagian tengah setang.

Di balik windshield kecil ada speedometer digital. Meski dalam bentuk display, tampilannya futuristis. Bentuk setang seperti model clip-on, menyatu dengan segitiga atas.

Bagian tengah bodi mengembung padat, lantaran pakai sasis Deltabox. Jok model single seat dengan tampilan sporty. Buntutnya lancip yang dibungkus cover 3 dimensi, mirip kepunyaan Yamaha R6 maupun R1 terbaru. Lengkap dengan stoplamp LED dan tak ada sepatbor yang menempel.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail

Untuk menunjang tampilan sport, bagian kaki-kaki dibuat kokoh. F155 menggunakan suspensi depan model upside down dan monoshock belakang, dipadukan swing arm banana. Peleknya sama seperti Yamaha R25 yang ada di sini. Kemudian knalpot underbelly yang menguatkan tampialn sporty.

Karena ia merupakan motor konsep yang mangambil basis dari Exciter 155 terbaru, maka mesiinya boleh jadi serupa. Berjantung mekanis 155 cc, SOHC, silinder tunggal, 4-katup, berpendingin cairan.

Selain itu juga mendapat teknologi variable valve activation (VVA). Output bisa dihasilkan tercatat sebesar 17,7 hp pada 9.500 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm di 8.000 rpm. Sistem transmisi mengandalkan 6-percepatan manual.

Di atas kertas, performa itu mampu meninggalkan kompetitor motor bebek sport lain, salah satunya Honda Supra GTR 150 yang ada di Indonesia.

Untuk diketahui, Yamaha Exciter 155 VVA merupakan pengembangan dari model sebelumnya. Ia memiliki desain lebih kompak dan mewarisi garis desain dari motor sport Yamaha R1.

Cover lampu depan dirancang untuk meningkatkan aerodinamika. Kemudian bagian tengah sedikit didorong ke depan untuk meningkatkan stabilitas berkendara.

 

3 dari 4 halaman

Begian Lain

Desain bersudut yang menjadi ciri khas Exciter lama tak ditampilkan lagi. Tampilan terbaru lebih lembut dan mengarah ke gaya sporty dan motor gede (moge).

Kemudian bagian belakang didesain dengan struktur dua tingkat. Bagian knalpot dibuat lebih besar dan disetel rendah.

Selain itu, Yamaha Exciter terbaru dilengkapi dengan teknologi yang berfokus pada kinerja, seperti sasis, silinder, injeksi bahan bakar, dan kopling.

Bagian claster instrumen berbeda jauh dengan model lama. Yamaha mendesain ulang speedometer, kuncinya sudah keyless, dan ada soket listrik untuk pengisian daya baterai ponsel.

Yamaha Exciter 155 VVA memiliki 3 varian, yakni Standard dengan banderol VND 47 juta setara Rp 28,7 juta, High-end (Premium) VND 50 juta atau sekira Rp 30,5 juta dan GP Edition VND 50,5 juta atau Rp 30,8 juta. 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.