Sukses

Tinggalkan Malaysia, Hyundai Pindahkan Kantor Pusat Asia Pasifik ke Indonesia

Dengan berpindahnya markas Hyundai ini, sekaligus memupuskan ambisi Negeri Jiran sebagai basis otomotif di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai saat ini memiliki kantor pusat untuk wilayah Asia Pasifik di Malaysia. Namun, kabar terbaru mengatakan, pabrikan asal Korea Selatan ini, akan memindahkan markasnya tersebut ke Indonesia.

Melansir Wapcar.my, selain sebagai kantor pusat Hyundai Asia Pasifik, tempat yang berada di Mutiara Damansara, Selangor ini juga difungsikan sebagai Hyundai Training Academy (HTA). Dengan berpindahnya markas Hyundai ini, sekaligus memupuskan ambisi Negeri Jiran sebagai basis otomotif di Asia Tenggara.

Disebutkan juga, akibat berpindahnya kantor pusat Hyundai di Asia Pasifik ini, sebagian besar staf Hyundai di Malaysia sudah di-PHK dan beberapa yang tersisa akan meninggalkan posisinya setelah serah terima ke Indonesia.

Proses perpindahan kantor pusat Hyundai ini, akan dilakukan secara bertahap, dan diharapkan selesai akhir tahun ini.

Sementara itu, HTA sendiri dimiliki langsung oleh Hyundai Motor Company (HMC) dan tidak ada hubungannya dengan distributor lokal, hyundai Sime-Darby Motors (HSDM). Jadi, dengan adanya keputusan tersebut, proses bisnis Hyundai di Malaysia akan tetap berjalan normal.

Sebagai informasi, perpindahan kantor pusat Hyundai ke Indonesia ini, karena memang banyak produsen yang berhenti mengucurkan investasinya di Malaysia. Sedangkan Indonesia sendiri, menjadi negara incaran banyak pabrikan otomotif untuk berinvestasi, karena komitmen Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Investasi di Indonesia

Hyundai sendiri telah berinvestasi untuk pembangunan pabrik di Kota Delta Mas – Bekasi seluas 77,6 hektar, dengan mengucurkan dana US$ 1,55 miliar atau setara Rp 22,76 triliun.

Fasilitas ini akan menjadi pusat manufaktur pertama Hyundai yang berbasis di kawasan ASEAN.

3 dari 3 halaman

Infografis Perilaku 3K Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19 Lebih Cepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.