Sukses

Bengkel Resmi Toyota Terima Uji Emisi, Segini Ongkosnya

Bengkel resmi Toyota juga menerima layanan uji emisi. Berapa biayanya?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemrpov) DKI Jakarta akan mewajibkan kendaraan bermotor dengan usia pakai lebih dari 3 tahun lulus uji emisi gas buang. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.

Aturan tersebut tertuang pada Pergub DKI Jakarta No.66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Sejumlah sanksi bagi kendaraan yang tidak lulus atau pun tidak mengikuti uji emisi sudah disiapkan, mulai tarif parkir tertinggi sampai denda tilang.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta bersama Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memberi kemudahan, yakni uji emisi gratis di sejumlah lokasi.

Berikut daftar lokasi dan jadwalnya:

- Rabu, 6 Januari 2021, Jalan Pemuda, Jakarta Timur 

- Rabu, 13 Januari 2021, Depan Gedung CNI, Jakarta Barat 

- Senin, 18 Januari 2021, Waduk Pluit, Jakarta Utara 

- Kamis, 21 Januari 2021, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Emisi di Bengkel Resmi

Namun, bagi Otolovers yang tidak bisa ataupun terlambat mengikuti uji emisi gratis yang diselenggarakan, ada sejumlah bengkel yang siap untuk menggelar uji emisi, termasuk jaringan bengkel resmi PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Bengkel Toyota, khususnya di Jakarta sudah dipersiapkan untuk uji emisi ini. Nanti juga akan diserahkan hasil uji emisinya secara tertulis," terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM saat dihubungi redaksi Otosia (7/1).

"Uji emisi bisa dilakukan bersamaan dengan servis berkala dan biayanya digratiskan. Tapi bisa juga dilakukan tidak bersamaan dengan servis, biayanya sekitar Rp150 ribu, sudah termasuk sertifikat elektronik, berlaku untuk seluruh mobil Toyota," pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.