Sukses

Ringkas dan Praktis, Skuter Listrik Spacebar Ini Bisa Dilipat

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai model listrik bermunculan di pasar otomotif nasional. Tidak hanya didominasi dari pabrikan besar, tapi juga dari sebuah studio desain bernama Katalis yang berkolaborasi dengan Kamengski.

Disebut Spacebar, skuter listrik mungil ini memiliki desain dan bentuk yang unik serta bisa dilipat.

Dijelaskan Head of Strategy Katalis, Joseph Sinaga, skuter listrik ini diharapkan dapat membuka ruang-ruang yang sebelumnya belum bisa dijangkau orang yang mengendarainya.

"Ibaratnya mengetik menggunakan komputer atau laptop, cara untuk membuka ruang antar teks kan tentunya dengan menekan spacebar atau tombol spasi. Nah, kami terinspirasi dari hal tersebut. Itu juga menjelaskan mengapa skuter ini berbentuk persegi panjang," ujar Joseph, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (8/1/2020).

Principal Designer dari Katalis, Julian Palapa menambahkan bahwa walau dari segi dimensi skutik ini terbilang mungil, Spacebar dibekali dengan daya sebesar 1200w.

"Jadi, Spacebar dirasa mampu menerabas padatnya lalu lintas ibukota, terlebih untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Ya, kecil tapi menggigit, ibaratnya cabe rawit lah," tambah pria yang juga berprofesi sebagai arsitek ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segi desain

Dirunut dari segi desain, inspirasi dari tombol spasi tersebut lalu dituangkan Julian dalam Detailed Engineering Design (DED), yang akhirnya kembali didiskusikan dengan desainer multidisiplin kenamaan asal Jakarta, Kamengski, dalam membuat konsep visual yang menarik.

"Spacebar kami desain khusus untuk anak muda yang menginginkan kelincahan dalam beraktivitas. Lalu melalui brainstorming dengan Said (red: nama asli Kamengski), kami bersama membuat konsep visual yang sesuai dengan selera Generasi-Z," jelas Julian.

Berbekal body yang sepenuhnya terbuat dari bahan aluminium, berbagai aksen visual, decal dan warna body, hingga bahan dan warna jok dipilih secara cermat olehKatalis dan Kamengski. Desainer berusia 33 tahun ini cukup puas dengan hasil akhir dari skuter ini. Proses pembuatan motor ini juga cukup unik, dikerjakan dari dua kota sekaligus.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.