Sukses

Waspada, Virus Corona COVID-19 Ditemukan pada Kemasan Suku Cadang Mobil di China

Virus Corona COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari China. Baru-baru ini dilaporkan adanya temuan Virus Corona pada beberapa sampel kemasan suku cadang mobil.

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari China. Baru-baru ini dilaporkan adanya temuan Virus Corona pada beberapa sampel kemasan suku cadang mobil.

Usai temuan itu, personel yang melakukan kontak dekat dengan kemasan suku cadang tersebut telah dikarantina dan semuanya dinyatakan negatif. Sementara itu, kemasan suku cadang yang mengandung COVID-19 telah disegel.

Beberapa sampel kemasan suku cadang mobil di berbagai bagian China itu memiliki hasil tes positif mengandung Virus Corona COVID-19 setelah sebuah perusahaan yang bergerak dalam penjualan suku cadang mobil melaporkan kasus COVID-19 yang dikonfirmasi.

Di Kota Jincheng, Provinsi Shanxi China utara, COVID-19 prevention and control atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit setempat mendeteksi virus pada kemasan ban mobil, demikian menurut kantor pencegahan dan pengendalian COVID-19 kota itu pada Sabtu 2 Januari malam waktu setempat.

Badan tersebut kemudian mengaktifkan tanggap darurat, seperti dikuutip dari Xinhua, Rabu (6/1/2021). Personel yang melakukan kontak dekat dengan barang telah dikarantina dan semuanya dinyatakan negatif Virus Corona COVID-19. Sedangkan barang terkait disegel.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditemukan di Beberapa Daerah

Di Hohhot, ibu kota Daerah Otonomi Inner Mongolia, Tiongkok utara, lima sampel kemasan suku cadang mobil di toko 4S dinyatakan positif mengandung Virus Corona jenis baru itu, menurut kantor pusat kota untuk pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu 3 Januari oleh kantor pusat COVID-19 prevention and control mengungkap, tiga batch suku cadang mobil dari perusahaan tempat kasus yang dikonfirmasi ada penularan Virus Corona jenis baru itu dilaporkan didistribusikan ke tiga toko 4S di Hohhot.

Salah satu toko 4S kemudian ditemukan memiliki sampel kemasan yang dinyatakan positif Corona COVID-19.

Ketiga toko 4S kemudian di-lockdown dan suku cadang mobil terkait disegel. Personel yang melakukan kontak dekat dengan barang tersebut telah dikarantina dan sejauh ini dinyatakan negatif.

Tiga sampel positif COVID-19 lainnya yang diambil dari pengemasan suku cadang mobil serupa ditemukan di Kota Cangzhou di Provinsi Hebei, dan Yantai serta Linyi di Provinsi Shandong, menurut pihak berwenang setempat.

Uji asam nukleat dilakukan pada suku cadang dan sejumlah personel onderdil mobil terkait di berbagai kota di China. Langkah itu disegerakan setelah seorang karyawan dari perusahaan Beijing yang terlibat dalam penjualan suku cadang mobil didiagnosis tertular COVID-19, dan ditemukan beberapa paket suku cadang mobil positif mengandung virus itu pada akhir Desember 2020.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.