Sukses

Jangan Panik, Begini Cara Ganti Ban dalam Keadaan Darurat

Saat mengendarai mobil, kejadian tak terduga bisa saja terjadi. Salah satu contohnya, adalah ban mengalami bocor atau pecah di jalan

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengendarai mobil, kejadian tak terduga bisa saja terjadi. Salah satu contohnya, adalah ban mengalami bocor atau pecah di jalan raya. Untuk itu, setiap pengemudi baik pria maupun wanita, sudah seharusnya mengetahui cara ganti si karet bundar ini dalam keadaan darurat.

Melansir laman resmi Auto2000, jika sesorang sudah mengetahui langkah-langkah mengganti ban dalam keadaan darurat, setidaknya tidak mengalami kenaikan dan tetap tenang dalam kondisi apapun.

Pada dasarnya mengganti ban mobil yang bocor bisa dilakukan oleh satu orang. Untuk itu berikut adalah langkah dan caranya:

1. Menepi di lokasi aman

Hal pertama yang harus dilakukan saat keadaan darurat mengganti ban adalah menepi ke lokasi aman. Pastikan Anda berhenti sempurna di lajur yang tidak menimbulkan potensi tertabrak. Setelah berhenti, matikan mesin.

2. Pasang segitiga pengaman

Saat mobil sudah berhenti sempurna di lokasi aman, pastikan Anda bisa keluar dengan aman. Setelah itu keluarkan segitiga pengaman. Pasang penunjang keselamatan tersebut berjarak 4 meter dari belakang mobil Anda.

3. Keluarkan dongkrak dan kunci

Kini Anda siap memulai ganti ban mobil. Keluarkan perkakas berupa kunci pas dan dongkrak tangan. Toyota tentu menyediakan perkakas tersebut sebagai kelengkapan standar di semua mobilnya. Contoh pada Toyota Avanza, perkakas tersebut dapat Anda temui di kolong jok.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Rilis ban serep

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan ban serep. Contoh pada Toyota Rush generasi terbaru, ban serep berada di kolong bagasi. Rilis ban serep tersebut menggunakan kunci pas. Kendorkan bautnya hingga ban serep turun dan siap diambil.

5. Kendorkan semua baut pelek

Letakkan ban serep di tempat aman. Kemudian beranjak ke ban yang bocor untuk mengendorkan semua bautnya. Gunakan kunci pas yang sama dengan merilis ban serep.

6. Pasang dongkrak

Setelah semua baut roda sudah kendor, kini giliran Anda memasang dongkrak. Pastikan bagian atas dongkrak akan menyentuh panel besi yang kuat untuk tumpuan. Demikian juga bagian bawahnya, hindari permukaan tanah lembek.

 

3 dari 4 halaman

7. Lepas dan pasang ban

Putar dongkrak hingga ban terangkat. Saat sudah cukup terangkat, lepas ban yang bocor tersebut. Saat sudah lepas, giliran ban serep dipasangkan.

Pada bagian ini mungkin akan terasa berat terutama bagi wanita, mintalah bantuan orang lain jika tidak kuat melepas dan memasangnya. Pastikan semua baut terpasang lagi secara kencang.

8. Amankan ban yang bocor

Bawa ban yang bocor ke tempat penyimpanan ban serep. Pasang secara baik ke posisi semula dengan mengulang secara kebalikan saat merilis ban serep.

9. Bereskan peralatan

Ban telah terpasang sempurna, kini giliran membereskan peralatan dan perkakas, termasuk segitiga pengaman. Kumpulkan jangan sampai ada yang tercecer, kembalikan ke tempatnya semula.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Pilihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.