Pakai Earphone Saat Naik Motor Bisa Sebabkan Kecelakaan, Berikut Penjelasannya

Oleh Liputan6.com pada 31 Des 2020, 19:03 WIB
Diperbarui 31 Des 2020, 19:03 WIB
Perbedaan Headset, Headphone dan Earphone yang Sering Salah Sebut
Perbesar
Earphone (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Manusia merupakan faktor terbesar penyebab kecelakaan. Banyak hal bisa menjadi pemicunya, salah satunya adalah pecahnya konsentrasi akibat mendengarkan musik melalui earphone.

Mendengarkan musik menggunakan earphone sangatlah berbahaya. Pengendara jadinya kurang waspada dengan suara darurat sekitar, seperti klakson, sirine ambulans, sirine polisi, atau bunyi sirine pintu palang kereta api.

"Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan, karena merupakan beberapa peringatan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat," ungkap Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

"Karena terlalu asik bernyanyi bisa saja seseorang membagi konsenstrasi mereka saat berkendara sehingga tidak bisa mengendalikan sepeda motor ketika ada situasi bahaya mendadak di jalan raya," tambahnya.

Menghilangkan Suara

Pada sisi lain, volume suara earphone yang terlalu kencang saat mendengarkan musik juga dapat menghilangkan suara-suara ketika terjadi sesuatu pada kendaraan kita.

"Misalkan ketika ada suara mesin yang tidak biasanya atau pada roda-roda sepeda motor yang kita gunakan sehingga dapat membahayakan pengendara," ujarnya.

Masih banyak lagi potensi bahaya yang harus kita prediksi untuk meminimalisir terjadinya suatu kecelakaan, terpenting adalah kendalikan kecepatan sesuai aturan, gunakan perlengkapan berkendara yang aman.

Sumber: Otosia.com

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓