Sukses

Musim Hujan, Jangan Lupa Bersihkan Kaca Helm Sebelum Berkendara

Kaca yang terletak di bagian depan helm atau visor merupakan salah satu komponen penting. Hal ini tak terlepas dari fungsinya untuk melindungi pandangan pengendara dari debu, pasir, hewan-hewan kecil dan sinar matahari.

Liputan6.com, Jakarta Kaca yang terletak di bagian depan helm atau visor merupakan salah satu komponen penting. Hal ini tak terlepas dari fungsinya untuk melindungi pandangan pengendara dari debu, pasir, hewan-hewan kecil dan sinar matahari.

Dengan kaca helm, berkendara akan jauh lebih nyaman. Meski memiliki peranan penting, banyak pengendara tak memperhatikan kondisi visor, sehingga mudah kotor dan mengganggu jarak pandang.

Untuk membersihkan visor ternyata sangatlah mudah, berikut ulasannya seperti dilansir Wahana Honda, Kamis (31/12/2020).

1. Lepaskan kaca helm

Hal pertama yang harus dilakukan ialah melepaskan kaca helm terlebih dahulu. Meski demikian, langkah ini merupakan opsional atau tergantung keinginan pemilik.

Jika pengendara sedang terburu-buru dan tidak sempat melepasnya, tidak masalah untuk langsung membersihkan kaca helm yang masih terpasang.

2. Basahi kaca helm

Langkah selanjutnya, Anda harus membasahi kaca helm dengan air bersih atau air sabun. Ini dilakukan untuk menghilangkan seluruh debu atau kotoran yang menempel pada permukaan kaca.

Seperti yang kita tahu, keberadaan kaca helm memang digunakan sebagai penangkal debu ataupun benda asing yang dapat mengganggu pandangan pengendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan visor cleaner

Sesuai namanya, alat ini dibuat khusus untuk membersihkan permukaan kaca helm yang kotor dan memiliki noda yang sulit hilang. Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko otomotif atau membelinya secara online.

Perlu diketahui, produk visor cleaner yang bagus ialah yang terbuat dari alcohol-based. Di mana produk dengan komposisi tersebut akan jauh lebih mudah menguap dan tidak akan meninggalkan noda bekas.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menyemprot atau mengoleskan alat tersebut pada permukaan kaca helm. Tunggu 2-5 menit dan lap hingga bersih dengan kain microfiber atau tisu.

 

3 dari 4 halaman

4. Bilas kaca helm dengan air bersih

Setelah itu, bilas kaca helm dengan air bersih dan bersihkan sampai benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar kaca helm tidak lembab dan air yang dibasuhkan tidak membekas.

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah membersihkan kaca helm agar kembali jernih seperti semula. Setelah berhasil membersihkannya, jangan lupa untuk terus memberikan perawatan rutin pada komponen helm.

Selalu bersihkan helm sebelum atau setelah digunakan. Hindari juga meletakkan helm di bawah terik sinar matahari karena bisa membuat kaca cepat kusam dan buram.

Jika helm baru saja digunakan untuk berkendara di tengah hujan, jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya. Langkah ini mampu menghindari terjadinya karat di beberapa komponen besi dan memicu tumbuhnya jamur.

4 dari 4 halaman

Infografis Karantina Wilayah, Siapkah Indonesia?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.