Sukses

Ini Bahaya yang Mengintai Pemotor yang Bersandal Jepit

Saat musim hujan, ada pengendara yang mencopot sepatunya karena takut basah dan kotor, dan bertelanjang kaki ataupun pakai sandal jepit

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengendarai motor, wajib mematuhi peraturan lalu lintas. Tidak hanya itu, pengguna roda dua juga harus menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap, seperti helm, jaket, dan juga sepatu.

Hal tersebut, guna mengurangi risiko luka parah hingga meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Namun, masih banyak pengendara motor yang belum menyadari itu. Salah satu perlengkapan berkendara yang sering diabaikan adalah penggunaan sepatu.

Terlebih, saat musim hujan, ada pengendara yang mencopot sepatunya karena takut basah dan kotor, dan bertelanjang kaki ataupun pakai sandal jepit.

Meski berkedara motor dengan sandal lebih praktis dibandingkan menggunakan sepatu, namun risiko bahaya tidak menggunakan alas kaki tertutup ternyata sangat besar.

Seperti dilansir Federal Oil, bahaya kaki tidak memakai sepatu saat riding yang pertama ialah menyentuh blok mesin yang panas, terutama bagi pengendara motor sport. Hal ini bisa mengakibatkan luka bakar.

Risiko selanjutnya yang mengintai pengguna sandal jepit ialah kaki akan mudah tergores jika tiba-tiba terkena benda tajam, ranting dan timpukan batu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahaya lain

Tak hanya itu, kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah akibat bersenggolan dengan objek lain seperti motor lain yang berada di samping kanan atau kiri.

Bagian kaki yang tak terlindungi ketika pengendara jatuh karena jalan licin saat hujan bisa mengakibatkan luka serius. Sangat disarankan pengendara untuk selalu menggunakan alas kaki tertutup.

Terlebih sepatu yang menutupi mata kaki agar selalu aman. Jangan lupa gunakan sepatu yang nyaman digunakan saat sedang berkendara.

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.