Sukses

Begini Cara Mudah Merawat Pelek Motor Agar Tetap Nyaman dan Aman

Menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor, pelek kendaraan perlu dirawat secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pelek.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor, pelek kendaraan perlu dirawat secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pelek.

Agar lebih mudah, berikut panduan merawat pelek motor seperti dilansir Federal Oil, Minggu (27/12/2020).

Merawat Ban

Sebagai komponen yang melekat bersama pelek, ban juga perlu dirawat, karena bisa mempengaruhi performa komponen ini. Caranya, Anda perlu mengatur jumlah tekanan udara ban dalam kurun waktu tertentu, terutama ketika akan berkendara.

Ketahanan ban dapat diukur dengan tekanan udara yang stabil, tidak kempes, dan tidak terlalu keras atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Saat berhadapan dengan jalan berlubang, ban yang terlalu keras akan mengalihkan tumpuannya pada pelek. Hasilnya, pelek bisa saja peyang.

Ketika dalam kondisi kempes, ban motor bisa langsung bocor atau pecah. Apalagi jika menghantam lubang dengan kecepatan yang tinggi, ini juga akan mengakibatkan pelek motor menjadi peyang.

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan bengkel motor terdekat terkait cara merawat ban. Demikian juga saat mengganti maupun menambal ban. Perlu teknik yang tepat agar cat pelek yang cantik tidak tergores.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Berkendara

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah cara berkendara. Meskipun pelek kendaraan baru diganti, namun cara berkendara Anda ugal-ugalan, pelek akan cepat peyang. Fokuslah dalam berkendara dan sebisa mungkin menghindari jalan berlubang.

Melakukan Pengecatan Pelek

Melihat kondisi pelek yang mulai usang, Anda bisa mengecat kembali komponen ini agar terlihat menarik kembali. Selain mengecat sendiri, pemilik juga bisa mendatangi dealer resmi atau bengkel aksesoris.

 

 

3 dari 4 halaman

Menggunakan Pelek Sesuai Ukuran Ban

Lagi-lagi, ban begitu mempengaruhi pelek. Dalam hal ini, pastikan Anda menggunakan ukuran ban yang sesuai dengan pelek dan sebaliknya. 

Terakhir, lakukan perawatan mencuci kendaraan secara rutin. Hal ini terbukti menjaga performa sepeda motor. Selain itu, press pelek motor dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuknya.

4 dari 4 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.