Sukses

80 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera, Naik Signifikan dari Hari Biasa

Pada hari pertama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terjadi peningkatan lalu lintas di Tol Trans Sumatera (JTTS)

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari pertama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terjadi peningkatan lalu lintas di Tol Trans Sumatera (JTTS). PT Hutama Karya (Persero) melaporkan, sebanyak 80.988 unit kendaraan melintas, pada Kamis 24 November 2020.

Jumlah tersebut, akumulasi lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan yang masuk melalui sejumlah Gerbang Tol (GT). Seperti GT Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, GT Terbanggi Besar di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung.

Kemudian GT Palembang di Ruas Palembang–Indralaya, GT Pekanbaru di Ruas Pekanbaru–Dumai, dan GT Blang Bintang di Ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 4.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan, lalu lintas harian rata-rata kendaraan yang melintas di Tol Trans Sumatera mengalami peningkatan hingga 40 persen dibanding kondisi normal.

"Jumlah LHR di momen Nataru ini mengalami kenaikan 22.987 kendaraan dari 57.991 kendaraan LHR normal sebelum Nataru, menjadi 80.978 kendaraan. Adapun Ruas Tol di JTTS yang menyumbang LHR tertinggi yakni Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan jumlah LHR sebanyak 39.174 kendaraan," jelasnya, Jumat (25/12/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibanding tahun lalu

Lebih lanjut, Suroto menyampaikan, jika dibanding dengan momen yang sama pada 2019 lalu, lalu lintas harian rata-rata di seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatera mengalami penurunan.

"Kami melihat puncak kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera pada 24 Desember adalah pukul 12.00 WIB, mengingat ini merupakan hari libur pertama di momen Nataru," jelas Suroto.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.