Liburan dengan Mobil Pribadi, Siap-Siap Kena Tes Rapid Antigen Secara Acak

Oleh Dian Tami Kosasih pada 24 Des 2020, 11:18 WIB
Diperbarui 24 Des 2020, 11:19 WIB
Keunggulan Rapid Test Antigen Tangani Covid-19 di Musi Banyuasin
Perbesar
Kepala Puskesmas Balai Agung Musi Banyuasin Tri Sinarum melakukan screening awal rapid tes antigen ke salah satu pasiennya (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna jalan tol yang menggunakan kendaraan pribadi tidak diwajibkan melakukan tes antigen saat liburan pergi ke luar kota. Melihat peraturan tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan skenario random check rapid test antigen untuk pengguna tol saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru menegaskan, pengguna kendaraan pribadi juga harus mematuhi protokol kesehatan saat melakukan perjalanan.

"Kami juga berharap dukungan pengguna jalan tol, jika sewaktu-waktu ada pelaksanan random check yang dilakukan instansi berwenang seperti Kepolisian, Ditjen Hubdar, Dinas Kesehatan, Satgas Covid Daerah, dan instansi terkait lainnya," kata Heru.

Ia juga menegaskan, hal ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus mengalami peningkatan signifikan dalam waktu dekat.

"Hindari waktu-waktu favorit yang diprediksi menjadi puncak arus lalu lintas baik keluar meninggalkan Jakarta, maupun saat kembali ke Jakarta nantinya," ujarnya.

Sejalan dengan Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 3 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021, Jasa Marga mendukung pelaksanaan random check rapid antigen dengan menyediakan lokasi di sejumlah titik rest area yang dibutuhkan pemerintah.

2 dari 4 halaman

SE Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2020

Tak hanya itu, Heru mengaku upaya yang dilakukan juga sejalan dengan SE Menteri Perhubungan Nomor 20 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

"Saat ini Jasa Marga berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait, mengenai mekanisme pelaksanaan random checking ini," tutur Heru.

3 dari 4 halaman

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi
Perbesar
Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi. (Abdillah/Liputan6.com)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓