Sukses

Modifikasi Setir Mobil Bisa Ganggu Kenyamanan dan Keselamatan

Pengemudi harus mengetahui beberapa konsekuensi yang harus ditanggung bila melakukan penggantian setir yang menjadi alasan dari pabrikan untuk tidak merekomendasikan hal tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, terkadang merasa tampilan kendaraannya masih kurang bergaya. Salah satu cara untuk meningkatkannya, adalah dengan melakukan modifikasi mobil, baik secara sederhana maupun ekstrim.

Biasanya, komponen yang mendapatkan ubahan, adalah setir mobil. Tapi, perlu diingat, mengganti roda kemudi berarti harus siap menerima konsekuensinya, seperti mengganggu kenyamanan dan keselamatan.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, pengemudi harus mengetahui beberapa konsekuensi yang harus ditanggung bila melakukan penggantian setir yang menjadi alasan dari pabrikan untuk tidak merekomendasikan hal tersebut.

1. Ukuran Setir Berbeda Berpengaruh Pada Rasa Berkendara

Hal pertama harus diketahui adalah ukuran setir aftermarket bisa jadi berbeda dengan setir asli. Diameter yang berbeda bisa memberikan rasa berkendara yang berbeda.

2. Korbankan Safety Dan Kenyamanan

Konstruksi dari setir asli pabrikan sudah dihitung untuk faktor safety dan kenyamanan. Dengan menggantinya, Anda mungkin telah mengorbankan kedua hal tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengganggu Fungsi Dan Fitur

Terakhir, mobil mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya dengan setir yang berbeda. Setir mobil Hyundai seperti pada Hyundai Kona tidak hanya untuk membelokkan ban.

Terdapat banyak tombol untuk mengatur berbagai informasi di MID dan sistem audio yang ada pada di kendaraan.

Selain itu, airbag juga otomatis hilang dengan penggantian setir bila setir yang diganti tidak memiliki airbag.

Sehingga, tingkat keselamatan pun otomatis akan berkurang. Begitu juga dengan cruise control karena pengaturannya ada pada setir.

3 dari 3 halaman

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.