Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Oleh Liputan6.com pada 22 Des 2020, 07:03 WIB
Diperbarui 22 Des 2020, 07:03 WIB
Menjadi salah satu pilihan motor bebek di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi menghadirkan tampilan baru Honda Revo-X.
Perbesar
Menjadi salah satu pilihan motor bebek di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi menghadirkan tampilan baru Honda Revo-X.

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun dari 2020 ke 2021 sudah dekat. Bagi sebagian orang, tentu saja pergantian tahun ini dirayakan dengan membeli sepeda motor baru.

Bagi Anda yang ingin mengawali tahun 2021 dengan motor baru, tentu ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Desain bukan selalu yang utama, Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan yang lain jugan.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, mengatakan,"Pemilihan motor harus disesuaikan dengan medan, kondisi dan kebutuhan. Menggunakan motor harus dapat mendukung aktivitas penggunannya."

Menurut Oke, setidaknya ada 6 hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih sepeda motor. Berikut 6 tips yang disarankan Oke:

2 dari 9 halaman

1. Kebutuhan

Pikirkan kembali apakah penggunaan motor untuk keperluan sehari-hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Untuk Kebutuhan sehari-hari bisa memilih fungsional. Artinya lebih mengutamakan fungsi, praktis dan irit tentunya.

Sedagkan komunitas atau hobi bisa disesuaikan dengan kegemaran terhadap motor berkemampuan khusus atau bentuk yang khas.

3 dari 9 halaman

2. Kondisi jalan

Perhatikan juga kondisi jalan yang dilalui sehari-hari. Misalnya jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar dan melewati jalanan macet. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah.

"Kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara sehingga membantu Anda lebih siap melaluinya dan tentunya aman dan nyaman," tukasnya.

4 dari 9 halaman

3. Dimensi motor

Dimensi motor juga menentukan kemudahan dan kepraktisan, yang dihubungkan dengan kepadatan di jalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

5 dari 9 halaman

4. Biaya operasional

Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomisnya operasional motor, ini penting untuk memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

6 dari 9 halaman

5. Fitur pendukung

Fitur motor juga penting untuk kebutuhan yang diperlukan. Keunggulan fitur misalnya mempermudah berkendara dan menunjang aktivias sehari-hari. Misalnya rem yang mumpuni atau punya performa pengereman yang baik, rangka yang rigid dan mudah bermanuver.

"Indikator ECO memudahkan kita memantau pola berkendara hemat, indikator penggantian oli, indikator kekuatan battery, volume bagasi dalam hal barang bawaan, power outlet atau usb power dan lain sebagainya," ujarnya.

7 dari 9 halaman

6. Kemampuan motor

Terakhir jangan lupakan kehandalan motor. Sebab kemampuan motor berhubungan dengan manuver dan kelincahan, dimana dimensi, berat dan karakter mesin sangat berpengaruh.

Makin besar dimensi motor, kapasitas mesin dan tinggi kendaraan pasti membutuhkan kemahiran yang lebih untuk mengendalikan sepeda motor agar tetap aman dan nyaman.

Dari sudut pandang safety riding, motor yang seusai dengan tinggi pengendara dan ergonomis (postur) adalah yang disarankan.

"Motor yang memiliki kemudahan dikendalikan karena mudah bermanuver dan tenaga mesin yang ramah sangat direkomendasikan agar mencegah terjadinya kecelakaan sebagai pertimbangan utama,? pungkas Oke.

Sumber: Otosia.com

8 dari 9 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker
Perbesar
Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker (Liputan6.com/Abdillah)
9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓