Sukses

4 Alasan untuk Menggunakan Ban Tubeless di Sepeda Motor Kesayangan

Ban merupakan satu-satunya komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan aspal. Meskipun semua ban memiliki bentuk yang sama, rupanya ban memiliki karakter yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Ban merupakan satu-satunya komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan aspal. Meskipun semua ban memiliki bentuk yang sama, rupanya ban memiliki karakter yang berbeda-beda.

Misalkan saja jenis ban setidaknya terbagi menjadi dua, yaitu ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam dan ban biasa yang menggunakan ban dalam.

Selain perbedaan di kehadiran ban dalam, rupanya ban tubeless memiliki sejumlah keunggulan yang patut dipertimbangkan. Berikut 4 kelebihan ban tubeless dikutip dari Federal Oil.

1.Daya Tahan Ban Lebih Kuat

Jika menggunakan ban tubeless kamu tidak akan memerlukan ban dalam. Ban tubeless menggunakan inner yang merekatkan bagian ban dengan pelek, sehingga ban dapat menahan tekanan udara dari dalam yang menjadikan tekanan angin pada ban tidak berkurang meski sudah lama. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2.Lebih Tangguh Menahan Bocor

Ban tubeless tentu saja seperti layaknya ban biasa yang dapat mengalami kebocoran. Namun, kelebihan dari ban ini adalah memiliki ketahanan yang lebih dalam urusan menahan kebocoran. 

Hal ini disebabkan karena tidak menggunakan ban dalam serta pemanfaatan partikel yang kuat pada ban tubeless ini dapat meminimalisir kebocoran akibat tertusuk benda-benda tajam.

Contoh kasus adalah ketika melindas paku, ban tubeless tidak akan langsung kehilangan tekanan angin secara drastis sehingga masih dapat bertahan hingga menemukan bengkel tambal ban terdekat.

3.Lebih Baik dalam Bermanuver

Kelebihan lain yang dimiliki ban tubeless yaitu lebih baik dalam bermanuver. Bentuknya yang solid dan stabil menjadikan ban tubeless memiliki daya cengkeram terhadap jalan yang lebih baik. 

Kelebihan inilah yang menjadikan ban tubeless menjadi pilihan penggunaan ban dalam berbagai ajang balap.

 

3 dari 4 halaman

4.Cocok untuk Kondisi Hujan

Mirip dengan poin sebelumnya, ban ini lebih aman digunakan dalam kondisi hujan. Karena ban tubeless memiliki tapak yang lebih lebar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam dibanding ban biasa, sehingga membuat ban tubeless memiliki daya cengkeram yang kuat pada jalan. 

Dengan demikian ban tidak akan mudah selip saat melewati jalanan basah.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.