Sukses

Pelabuhan Patimban Bisa Dukung Penjualan dan Ekspor Kendaraan di Indonesia

Pelabuhan Patimban ini akan mendukung industri otomotif, jika nantinya terjadi peningkatan ekspor atau kenaikan volume penjualan

Liputan6.com, Subang - Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat, siap diresmikan tahun ini. Rencananya, untuk soft launching ini akan dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Akan diproyeksikan sebagai jalur kegiatan ekspor impor, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi sektor industri, khususnya otomotif dan logistik.

"Dengan makin dekatnya antara industri dengan pelabuhan maka tentu terjadi suatu efisiensi bagi logistik nasional," ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut Sekertaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Pelabuhan Patimban ini akan mendukung industri otomotif, jika nantinya terjadi peningkatan ekspor atau kenaikan volume penjualan domestik kendaraan bermotor Tanah Air.

"Tahun lalu kan ekspor kita sekitar 332 ribu unit, kemudian untuk pasar domestik sekitar 700 ribuan unit untuk dikirim ke daerah Sumatera, Kalimantan dan butuh pelabuhan tambahan," jelas Kukuh saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (18/12/2020).

Selain itu, dengan adanya Pelabuhan Patimban ini tentu saja akan mendukung proses pengiriman kendaraan, yang saat ini memang masih dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priuk.

"Untuk antisipasi juga, jika 2025 nanti volume ekspor dan domestik meningkat sehingga dibutuhkan pelabuhan yang memang dekat dengan pabrik," tegas Kukuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampu Mendongkrak Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Proyek Pelabuhan Patimban ini sendiri, juga turut didukung oleh pelaku usaha hingga instansi pemerintah lain, salah satunya Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Bahkan, Menhub Budi juga mengatakan pelaku usaha sektor otomotif, seperti yang tergabung di Gaikindo sangat antusias dengan pembangunan Pelabuhan ini.

"Saya banyak berdiskusi dengan Pak Menperin (Agus Gumiwang Kartasasmita) bahwa Kementerian Perindustrian sudah siap mendukung kegiatan ini. Dan pasti ini memberikan geliat tertentu, karena antusiasme dari Gaikindo itu begitu antusias," tutur Budi.

Hadirnya Pelabuhan Patimban juga diharapkan mampu mendongkrak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Pelabuhan Patimban juga dapat diharapkan sebagai pengungkit utama daripada pemulihan ekonomi nasional," kata Menhub.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.