Sukses

Tampang Boleh Klasik, Tapi Jangan Sepelekan Tenaga Datsun Lawas Ini

Datsun 240Z produksi 1972 secara resmi terjual di Inggris dengan sistem lelang. Mobil ini berhasil menarik perhatian karena beragam modifikasi yang telah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Datsun 240Z produksi 1972 secara resmi terjual di Inggris dengan sistem lelang. Mobil ini berhasil menarik perhatian karena beragam modifikasi yang telah dilakukan.

Seperti dilansir Carscoops, Kamis (17/12/2020), mobil tersebut awalnya memiliki mesin 2.4 liter straight-six yang mampu menghasilkan tenaga hingga 151 Tk dan torsi 192 Nm karena dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Tak puas dengan jantung pacu yang ada, pemilik akhirnya mengganti mesin dengan tenaga lebih besar. Mesin yang digunakan ialah RB26 twin-turbo enam silinder dari Skyline R33 GT-R yang berdaya 350 Tk.

Mesin tersebut dilengkapi pompa oli Nismo, pompa air Nismo, katup tekanan bahan bakar Tomi, koil steker yang mampu berkinerja lebih tinggi, pengontrol daya dan sistem resirkulasi udara khusus.

Masih menggunakan sistem manual lima kecepatan dari Skyline GTST, modifikasi mekanis lainnya yang dilakukan pada mobil ini terdiri dari peredam gas ganda yang dapat disetel di keempat sudutnya.

Selain itu, terdapat juga anti-roll bar depan dan belakang yang bisa dinaikkan, lengan kendali Tecno Toys, dan rem yang lebih besar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setir Kanan

Tak hanya powertrain yang mengalami peningkatan, mobil ini juga telah diubah menjadi setir kanan. Daftar dari The Market mengungkapkan, harusnya model ini masih menggunakan setir kiri.

Sebelum dilelang, mobil ini diperkirakan mampu terjual di angka $ 66.486 atau setara dengan Rp 939 juta hingga $ 79.783 atau Rp 1,1 miliar.

Namun, mobil tersebut nyatanya tak memiliki harga setinggi itu. Datsun 240Z produksi 1972 harus puas dengan banderol $ 57.340 atau Rp 810 jutaan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini