Bukan Hiasan, Ini 4 Fungsi Spoiler Mobil yang Jarang Diketahui

Oleh Arief Aszhari pada 14 Des 2020, 19:21 WIB
Diperbarui 14 Des 2020, 19:21 WIB
Apa Fungsi Spoiler Mobil?
Perbesar
Apa fungsi sebenarnya spoiler mobil?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemilik mobil yang saat ini belum benar-benar paham terkait fungsi komponen mobil kesayangannya. Salah satunya, adalah spoiler yang tidak hanya berguna untuk membuat tampilan kendaraan menjadi keren.

Melansir Auto2000, setidaknya ada 4 fungsi spoiler mobil yang jarang diketahui.

1. Spoiler membuat mobil jadi lebih aerodinamis

Fungsi spoiler mobil dapat Anda rasakan pada kendaraan bertipe sedan, hatchback, atau bahkan minibus. Kebanyakan pemilik mobil mengira bahwa bagian tersebut adalah hiasan yang menambah kesan sporty.

Nyatanya, spoiler dipasang untuk meningkatkan performa mobil, yaitu untuk membuatnya lebih aerodinamis. Lekukan-lekukan pada spoiler mampu memberikan kestabilan lebih baik.

Spoiler mampu mengurangi gejala melayang ketika Anda berkendara pada kecepatan tinggi. Pada jenis mobil yang cukup ringan, terpaan angin dari kecepatan tinggi dapat membuatnya limbung dan seolah melayang.

Kalau tidak memiliki kontrol kuat pada setir, alhasil mobil benar-benar bisa oleng dan membahayakan penumpang. Karenanya, dipasanglah spoiler untuk memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

2. Bisa untuk menangkis kotoran dari belakang

Tak hanya untuk meningkatkan performa dan keamanan, fungsi spoiler mobil pun bisa dipakai untuk menangkis kotoran atau partikel debu dari belakang.

Khususnya pada mobil jenis hatchback. Tipe kendaraan ini sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyaknya debu yang berputar di sekitar.

Namun, dengan adanya spoiler, turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran pada kaca belakang. Debu dan air hujan pun tidak akan mudah menempel karena turbulensi udara dihadang oleh spoiler. 

2 dari 5 halaman

3. Membuat pengendalian mobil meningkat

Saat melaju di jalan tol yang lurus dan sepi, secara otomatis kecepatan mobil akan Anda naikkan. Tanpa disadari, hal ini akan memicu terpaan angin yang lebih kencang pada sisi-sisi mobil.

Jika pengemudi mobil tidak memegang setir dengan kuat, maka bisa saja kendali mobil oleng dan seolah melayang diterpa angin.

Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi apabila mobil tidak memiliki spoiler. Aliran angin yang cukup kencang akan membuat daya angkat mobil makin tinggi dan membuat bodi kendaraan limbung.

Namun, kalau di bagian atap atau belakang mobil sudah dipasangi spoiler, maka gaya angkat ini bisa ditekan. Spoiler mobil akan memberikan tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat sehingga kontrol mobil jadi lebih mudah dan stabil. 

3 dari 5 halaman

4. ​​​​​​​Agar fungsi spoiler mobil maksimal, pemasangan harus tepat

Standarnya, kendaraan keluaran terbaru sudah dipasang fungsi spoiler mobil untuk menjaga keseimbangannya.

Namun, ada pula kendaraan yang belum dibekali fitur tersebut sehingga Anda harus membeli dan memasang spare part-nya sendiri. Untuk pemasangan, spoiler biasa diletakkan pada bagian atas pintu bagasi atau bagian atap paling belakang. Tapi ada juga yang dipasang di bagian kaca mobil.

Nah, dalam hal pemasangan ini, pemilik tidak boleh sembarangan. Harus ada keseimbangan antara bagian depan dan sampingnya juga.

Sebab, apabila dipasang di satu titik, hal tersebut berakibat mobil akan melaju dengan arah tak menentu saat digas dalam kecepatan tinggi. Akhirnya, spoiler ini juga harus dipasang di bagian bawah panel pintu sisi kanan dan kiri, serta bagian bumper depan.

4 dari 5 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati
Perbesar
Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓