Sukses

Mobil Listrik Punya Torsi Instan yang Melimpah, Ini Rahasianya

Sensasi tersebut, adalah torsi yang instan dan tersedia sejak putaran mesin (rpm) nol.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik, dipercaya akan semakin berkembang pesat di pasar Tanah Air. Selain memberikan efisiensi bahan bakar serta menghasilkan polusi yang lebih kecil, roda empat dengan penggerak motor listrik ini juga menawarkan sensasi berkendara yang berbeda dibanding versi konvensional.

Sensasi tersebut, adalah torsi yang instan dan tersedia sejak putaran mesin (rpm) nol.

Pada mesin pembakaran internal, hal ini tidak bisa dicapai karena torsi maksimal dihasilkan dari gerakan piston yang memberikan gaya vertikal maksimal, mendorong setang piston dengan kuat dan menghasilkan torsi.

Dengan demikian, torsi maksimal hanya bisa dirasakan pada putaran mesin tertentu dan tidak dihasilkan dengan instan.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, di mobil listrik tidak ada gerakan vertikal mesin karena tanpa sistem pembakaran internal tapi sebuah motor listrik.

Secara sederhana, motor listrik bekerja berkat voltase yang dikirimkan kepada unit tersebut. Ketika pedal gas diinjak, maka motor listrik akan menerima seluruh voltase dari baterai dan langsung melaju dengan kekuatan maksimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Voltase Menurun

Namun, voltase akan menurun ketika kecepatan semakin tinggi. Karena itu, motor listrik akan kehilangan tenaganya secara perlahan pada putaran tinggi. Namun, tenaga yang ada sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Melemah pada putaran atas pun bukan berarti tidak bisa dipacu. Motor listrik seperti pada Kona Electric dan Ioniq bisa dengan mudah berjalan santai pada kecepatan 100 km/jam dengan senyap dan nyaman.

Karena sifat torsinya tersebut lah, mobil listrik memiliki sensasi berkendara yang berbeda dibandingkan dengan mobil pembakaran internal.

3 dari 3 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.