Sukses

Musim Hujan Bikin Malas ke Bengkel, Mending Ganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Harus menggunakan perlengkapan ekstra, pengendara motor biasanya malas keluar rumah saat musim hujan, tak terkecuali melakukan servis di bengkel. Hal ini akhirnya membuat waktu penggantian oli tertunda.

Liputan6.com, Jakarta - Harus menggunakan perlengkapan ekstra, pengendara motor biasanya malas keluar rumah saat musim hujan, tak terkecuali melakukan servis di bengkel. Hal ini akhirnya membuat waktu ganti oli tertunda.

Solusi lain yang bisa dilakukan pemilik kendaraan ialah melakukan pergantian oli di rumah. Bisa melakukan pembelian oli secara online di toko terpercaya, langkah yang harus dilakukan sangat mudah.

Berikut cara melakukan penggantian oli di rumah seperti dilansir Federal Oil, Selasa (8/12/2020).

Langkah pertama ialah menyiapkan oli asli yang direkomendasikan untuk motor. Jika oli ada, peralatan yang perlu disiapkan ialah kunci pas sesuai ukuran baut pembuangan, tang untuk membuka tutup lubang pengisian, wadah untuk penampung oli bekas, dan corong untuk memasukkan oli baru.

Setelah siap, buka baut pembuangan oli dengan kunci yang sudah disiapkan. Perlu diingat, untuk membuka komponen ini pemilik kendaraan perlu memutar baut ke arah berlawanan dengan jarum jam.

Bila sudah terbuka, biarkan oli yang ada di dalam mesin keluar secara menyeluruh. Jika merasa semuanya sudah keluar, tutup kembali baut pembuangan oli dengan rapat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masukan Oli

Selanjutnya, siapkan oli baru. Buka tutup lubang pengisian, kemudian masukkan pelumas tersebut sesuai takaran yang diperlukan.

Apabila mengalami kesulitas gunakan corong agar tak ada oli yang terbuang. Saat seluruh oli sudah masuk, tutup kembali lubang pengisian oli dengan rapat.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.