Lini SUV Mercedes-Benz Indonesia Makin Lengkap

Oleh Liputan6.com pada 04 Des 2020, 16:33 WIB
Diperbarui 04 Des 2020, 16:33 WIB
Mercedes-Benz
Perbesar
Mercedes-Benz GLE 450 4Matic dan AMG, GLE 53 4Matic+ meluncur di Indonesia. (MBI)

Liputan6.com, Jakarta - PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) meluncurkan GLE 450 4Matic dan AMG, GLE 53 4Matic+. Kedua SUV coupe ini menjadi kado bagi pecinta Mercedes-Benz Tanah Air di akhir tahun.

 

"Saat ini, Mercedes-Benz menawarkan total delapan model SUV yang terdiri dari New GLA dan GLB, GLC, GLC Coupe, GLE,GLS, G-Class, dan new GLE Coupe. Dengan mencakup lebih dari sepertiga penjualan, SUV merupakan pilar struktur penting dari portofolio produk Mercedes-Benz dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan brand kami," komentar President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun.

Varian GLE 450 4Matic Coupe menjadi pembuka dari anggota blasteran jip-kupe GLE-Class di Tanah Air. Penentu ciri khasnya terletak di fasad depan. Ia mengadopsi diamond radiator grille dengan satu palang segaris yang merepresentasikan sebuah model kupe.

Pun kepalanya melandai ke belakang bak sebuah kupe bertubuh gambot. Meski begitu, gaya tangguh khas SUV tetap dibawa yakni postur tinggi sekaligus detail bak protektor dagu di area apron.

Interior menyuarakan kasta eksekutif Mercedes-Benz dengan permainan layar dan eksekusi desain elegan. Dua layar 12,3 inci terintegrasi satu bingkai mendominasi dasbor dan diapit ornament tirai horizontal ibarat sebuah gapura.

Jelas Mewah dan terlihat canggih. Tak ketinggalan suntikan sistem infotainment Mercedes Benz User Experience (MBUX) yang atraktif dan interaktif. Baik panel dan sarana hiburan dapat diatur sedemikian rupa terkait visual dan informasinya.

Velositas tercipta dari pemacu enam silinder segaris berkapasitas 3.000 cc dengan sokongan turbo. Ekstraksinya dijamin cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Siapkan lontaran tenaga 367 hp dengan torsi puncak 500 Nm.

Itu semua belum dibarengi kekuatan sistem EQ Boost yang menjadi asisten saat berakselerasi lewat motor listrik 48V. Total tambahan dorongan dicatatkan sebesar 22 hp/250 Nm.

 

2 dari 5 halaman

Performa

Putaran mesin kemudian diterjemahkan ke sistem penggerak empat roda 4Matic. Ya, meski bertubuh kupe, kemampuan segala medan sebagai SUV tidak lantas dilupakan. Bertugas sebagai penyalur daya adalah transmisi otomatis 9G-Tronic.

Lain cerita untuk model Mercedes-AMG GLE 53 4Matic+ Coupe. Sebagai racikan divisi kencang pabrikan, output pemacunya tentu lebih berlimpah.

Dari unit 3,0 liter enam silinder turbo, ia menyiapkan kemampuan mencipta dorongan sekuat 435 hp dengan torsi puncak 520 Nm. Sistem EQ-Boost ikutan menambah kelincahan akselerasi dengan perbekalan daya sekuat 22 hp/250 Nm.

Kemampuan penggerak empat roda tetap hadir dalam format AMG Performance 4Matic+. Secara permanen gerak putaran mesin diterjemahkan ke roda belakang dan depan. Sementara itu, pembagian arah torsi dioptimalkan sesuai situasi dan keinginan pengemudi. Diklaim settingan ini memberikan akselerasi bertenaga sekaligus traksi optimal di tikungan.

Bonggol penyalur daya juga tidak disamakan dengan versi non AMG. Model GLE 53 ini mengadopsi girboks AMG Speedshift TCT (Torque-Clutch Transmission) 9 percepatan. Memastikan setiap perpindahan gigi terlaksana singkat.

Demi mendukung kehebatan powertrain dan drivetrain, model performa ini ditanamkan AMG Active Ride Control. Adalah sistem roll stabilization aktif untuk mengurangi gerakan bodi saat menikung dan handling presisi. Sekaligus juga menciptakan kenyamanan di jalur lurus.

 

3 dari 5 halaman

Kabin Sporty

Dari luar, basis lenggokan mungkin sekilas sama. Meski begitu, sebuah AMG pasti menyuarakan kesan eksklusif. Misal grille Panamericana berbentuk jeruji vertikal di fasad depan. Juga pada pemasangan sepatu 20 inci bermotif 10 parang menyerupai visual pelek AMG Project One. Tampil atraktif dalam paket bodi SUV-kupe E-Class.

Isi kabin AMG juga dibuat lebih sporty. Top stitching kontras berwarna merah dan sabuk pengaman merah menekankan sensasi atletis.

Bangkunya kemudian dilapis kulit sintetis Artico bercampur Dinamica microfiber. Untuk model AMG ini, konsumen disebut dapat melakukan personalisasi terkait kelir bodi hingga isi kabin.

"New AMG GLE 53 4Matic+ Coupe menambahkan lebih banyak gaya dan keanggunan pada keluarga SUV kami, bersama dengan fitur khas AMG seperti radiator grille yang sesuai dengan brand. Garis coupe yang menarik menyelimuti teknologi suspensi canggih dan mesin enam silinder segaris yang bertenaga dan efisien dengan teknologi 48 Volt. Kedua hal ini menjamin pengalaman berkendara yang dinamis dan tak terlupakan," ujar Choi Duk Jun.

Sumber: Oto.com

4 dari 5 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19
Perbesar
Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓