Sukses

MotoGP Belum Pasti, Indonesia Dipastikan Siap Jadi Penyelenggara World Superbike

Indonesia dipastikan menjadi penyelenggara balap motor Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, 14 November 2021 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki kontrak untuk menggelar MotoGP mulai 2021 di Sirkuit Mandalika. Namun status Indonesia sendiri masih dalam tanda tanya. Pasalnya, jadwal kosong diapit di tengah padatnya kalender Eropa. Dorna harus merombak atau menggeser kalender untuk memasukkan Sirkuit Mandalika

Sementara itu, Indonesia dipastikan menjadi penyelenggara balap motor Motul FIM World Superbike Championship (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, 14 November 2021 mendatang.

Disampaikan langsung FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan DWO (DORNA WorldSBK Organization), pengumuman ini tertulis dalam Provisional Calender Balap WorldSBK 2021. Dalam keterangannya, Mandalika bersama 12 sirkuit lainnya di dunia akan menjadi lokasi WorldSBK.

Meski demikian, penyelesaian sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini menjadi faktor utama terselenggaranya di Tanah Air.

CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah menyambut gembira pengumuman yang diberikan FIM dan DWO. “Kami optimis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan tahun 2021,” kata Ricky.

Selain itu, Chief Strategic & Communication MGPA, Happy Harinto menambahkan, event WorldSBK menjadi sorotan karena menjadi ajang balap motor komersial non-pabrikan. Berbeda dengan MotoGP, perlombaan ini menggunakan motor khusus pabrikan.

Hingga saat ini, kontrak penyelenggaraan MotoGP dan WorldSBK telah diberikan DORNA kepada MGPA ( Mandalika Grandprix Association). Karena itu, pembangunan sirkuit terus dilakukan sesuai jadwal ketentuan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyambut Baik WorldSBK di Indonesia

Sebagai informasi, WorldSBK menggunakan sepeda motor komersial sehingga ajang balap ini juga banyak diminati pecinta otomotif dunia. Tak kalah seru dengan MotoGP, jumlah tim dan pembalap WorldSBK semakin meningkat setiap tahunnya.

Melihat hal ini, Ricky menyambut event WorldSBK sebagai tambahan atraksi balap motor kelas dunia bagi pecinta balap motor Indonesia.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.