Sukses

Mengintip Cara Kerja Sepeda Motor Hybrid Milik Kawasaki

Kawasaki sedang mengerjakan sistem hybrid canggih untuk sepeda motor. Secara garis besar, cara kerja sistem tersebut adalah menggunakan mesin bensin di jalanan bebas hambatan, sistem listrik sepenuhnya bisa digunakan saat di dalam kota.

Liputan6.com, Jakarta - Ide sepeda motor hybrid berperforma tinggi sudah ada sejak lama, hanya saja belum banyak pabrikan yang benar-benar menerapkannya. Pabrikan besar seperti Harley-Davidson saja akhirnya memilih motor listrik sepenuhnya. Meskipun demikian, rupanya Kawasaki sedang menyiapkan teknologi hybrid terbaru.

Pabrikan asal Jepang tersebut sedang mengerjakan sistem hybrid canggih untuk sepeda motor. Secara garis besar, cara kerja sistem tersebut adalah menggunakan mesin bensin di jalanan bebas hambatan, sistem listrik sepenuhnya bisa digunakan saat di dalam kota.

Dilansir Carscoops, cara kerja tersebut dianggap bisa memaksimalkan potensi masing-masing drivetrain. Kelemahan kendaraan listrik pada umumnya adalah jarak tempuh, namun di dalam kota fitur energy recuperation system akan bekerja maksimal dalam kondisi lalu lintas yang macet. Saat performa dibutuhkan di jalanan menikung, mesin konvensional dan motor elektrik akan bahu membahu memberikan sensasi terbaik.

Dalam video yang dibagian di YouTube, purwarupa hybrid sedang diuji di mesin dyno. Pada kecepatan rendah, motor tersebut menggunakan motor elektrik, saat kecepatan bertambah, maka mesin konvensional mulai beraksi.

Sebelum menjualnya ke pasaran, tentu saja Kawasaki harus memikirkan sejumlah permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah memasang motor elektrik dan baterai tanpa menambah beban terlalu banyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

3 dari 4 halaman

Sambut Masa Depan, Yamaha Kembangkan Skuter Maxi Bertenaga Hybrid

Era kendaraan elektrifikasi tengah berkembang pesat, baik secara global maupun di Indonesia. Tidak hanya sebatas pabrikan roda empat, tapi juga roda dua yang berlomba untuk menghadirkan motor ramah lingkungan, seperti listrik murni maupun hybrid.

Salah satunya, adalah Yamaha yang melihat sistem penggerak hibrida sebagai metode untuk menjembatani kesenjangan antara motor bensin dan listrik murni.

 

Melansir Visordown, pabrikan berlambang garpu tala ini pernah mencoba untuk menciptakan teknologi hybrid untuk motor, dan awal tahun ini, kembali mengerjakan desain dual-power tersebut.

Ide motor hybrid sendiri telah ada sejak mobil bertenaga sama hadir. Meskipun, penyerapan teknologi ini di roda dua masih jauh lebih hemat. Salah satu masalah powertrain hybrid untuk motor, adalah secara efektif melipatgandakan bagian motor yang paling berat dan mahal.

Hal ini, tidak hanya membuat desain jauh lebih rumit, tapi menghitung harga jualnya juga sangat sulit.   

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.