Sukses

Berapa Harga Mobil Listrik yang Ideal untuk Pasar Indonesia?

Mobil listrik saat ini mulai dikembangkan dan dipasarkan di Indonesia. Meski demikian, harga mobil bertenaga baterai ini masih cukup mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik saat ini mulai gencar dikembangkan dan dipasarkan di Indonesia. Meski demikian, harga mobil bertenaga baterai ini masih cukup mahal.

Di pasaran, harga mobil listrik beragam. Dan harga mobil listrik termurah yang dijual di Indonesia saat ini masih berada di kisaran harga Rp600 jutaan.

Melihat hal tersebut, Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat UI (LPEM UI) Riyanto menyebut, mobil listrik saat ini masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Hal tersebut tak terlepas dari pasar terbesar di Indonesia berada di segmen Low MPV. Untuk mobil tersebut, kisaran harga yang ditawarkan berada diangka Rp 200 juta hingga Rp 400 jutaan.

"Bila memang nanti produksinya di dalam negeri, sebaiknya menyasar ke kelas bawah dulu. Buatlah mobil keluarga dengan kapasitas penumpang 7 orang atau mobil LCGC. Harganya berkisar di Rp 300 hingga Rp 350 juta. Jadi benar-benar beralih," kata Riyanto di acara webinar Forwot baru-baru ini.

Selain harga, Riyanto juga menilai fasilitas dan fitur yang disematkan pada mobil listrik tak terlalu krusial untuk digunakan masyarakat Tanah Air. Karena itu, sebaiknya harga yang diberikan lebih terjangkau.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Pengisian Baterai

"Kalau pendapat saya, mobil listrik yang ada saat ini terlalu mewah untuk Indonesia. Banyak juga fasilitas dan fitur yang tak krusial. Jadi memang ini menjadi tugas bersama khususnya jika ingin melakukan local production," ujarnya.

Terkait fasilitas pengisian baterai, sebaiknya menyasar tempat-tempat yang banyak dikunjungi masyarakat seperti tempat makan. Hal ini dinilai dapat memudahkan pemilik kendaraan apabila ingin melakukan pengisian baterai.

"Kalau isi baterai mobil di rumah saat ini ada syarat harus 2.200 watt kapasitasnya. Ini cukup memberatkan masyarakat Indonesia," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.