Sukses

Canggih, Mobil Nirsopir Bisa Jualan Ayam Goreng

Pandemi Covid-19 berpengaruh banyak terhadap pola hidup masyarakat di berbagai belahan dunia. Beragam kebiasaan baru mulai diterapkan, begitu juga dengan teknologi. Misal saja penggunaan mobil nirsopir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 berpengaruh banyak terhadap pola hidup masyarakat di berbagai belahan dunia. Beragam kebiasaan baru mulai diterapkan, begitu juga dengan teknologi. Misal saja penggunaan mobil nirsopir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Contohnya saja kerja sama KFC dengan perusahaan Cina bernama Neolix. Kerja sama tersebut menghasilkan mobil nirsopir atau lebih tepatnya food truck tanpa sopir untuk berjualan ayam goreng.

Diberitakan oleh Forbes bulan lalu, Neolix tengah memulai kerja sama dengan Yum Brands (Pemilik KFC Cina) untuk mengembangkan kendaraan nirsopir yang akan menyediakan makanan.

Kabarnya kerja sama juga dilakukan dengan Pizza Hut. Belum ada keterangan resmi dari Neolix mengenai jenis kendaraan yang digunakan untuk kerja sama ini. Melihat bentuknya, kendaraan yang sama juga digunakan oleh Neolix untuk menyemprot disinfektan selama masa pandemi beberapa waktu lalu di Cina.

Cara kerja restoran berjalan ini juga unik. Konsumen memilih menu lewat layar sentuh dan membayar melalui QR code. Setelah itu jendela mobil nirsopir akan terbuka dan konsumen dapat mengambil pesanannya. Belum jelas, bagaimana sistem mencegah konsumen mengambil makanan lain di dalam kendaraan yang bukan pesanannya. Jelasnya sih tak ada pelayan di dalam kendaraan yang menyiapkan pesanan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Sensor

Mobil ini bekerja dengan dukungan sensor LIDAR dan GPS di lingkungan terbatas sehingga dapat memiliki kemampuan untuk mengintervensi keadaan darurat. Mobil tanpa sopir ini memiliki jarak tempuh 100 km dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

Situasi pandemi memang mengubah banyak hal. Termasuk perkembangan teknologi mobil nirsopir. Misalnya, mobil nirsopir ada yang dipersiapkan sebagai armada angkutan tanpa awak. Ada juga yang berfungsi sebagai kendaraan logistik yang berjalan otomatis. Tetapi menuangkan ide kendaraan nirsopir sebagai restoran berjalan jelas sangat luar biasa. Apalagi sistem pembayaran contactless memungkinkan segalanya berlangsung secara otomatis tanpa perlu banyak keterlibatan tangan manusia dalam setiap proses transaksi.

Menarik untuk ditunggu apakah konsep ini akan diterapkan di negara lain atau oleh restoran lain. Pastinya, mobil mungil berisi ayam goreng yang berjalan sendiri di taman akan menggugah selera konsumen yang tak sengaja melintas. Begitulah cara Cina berkreasi menjaga ekonomi di tengah pandemi. Beda negara beda pula triknya. Di Jakarta, Indonesia misalnya, melihat wiraniaga Pizza Hut menjajakan Pizza di pinggir jalan bukan hal yang aneh lagi.

Sumber: Carvaganza.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.