Sukses

Mengenal 3 Peranan Penting Ring Piston pada Sepeda Motor

Ring piston atau yang disebut juga ring seher merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor karena mampu memengaruhi kinerja mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Ring piston atau yang disebut juga ring seher merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor karena mampu memengaruhi kinerja mesin.

Sesuai namanya, komponen ini berbentuk cincin dan ukuran diameter lebih besar dari pada piston. Karena teksturnya yang elastis, maka komponen ini dapat mengembang dan merapat saat dimasukkan dalam blok silinder.

Komponen motor yang satu ini berfungsi sebagai pembatas antara piston dengan dinding silinder dalam proses pembakaran.

Umumnya, ring piston terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian paling atas, bagian tengah, dan paling bawah. Ring piston paling atas merupakan ring kompresi satu. Ring bagian tengah merupakan kompresi dua. Sedangkan ring bagian bawah merupakan ring oli.

Berdasarkan letaknya, setiap bagian ring seher memiliki fungsinya masing-masing. Ring seher pertama atau yang paling atas berfungsi untuk menahan tekanan kompresi yang dihasilkan pada proses pembakaran.

Fungsi ring kedua atau tengah merupakan kompresi sekaligus menyapu pelumas atau oli liner.

Ring paling atas dan tengah juga berfungsi untuk menjaga kompresi mesin agar dapat menghasilkan daya ledak.

Sedangkan ring ketiga atau yang sering disebut ring oil berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan membawa pelumas untuk piston dan linernya. Ring ketiga ini menjaga oli di liner agar tidak ikut naik masuk pada ruang bakar.

Secara keseluruhan, adanya ring piston memiliki tiga fungsi, berikut penjelasannya seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (24/11/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Mencegah kebocoran kompresi

Ring piston biasanya terletak di bagian atas ruang piston, dan disebut sebagai ring kompresi. Ring ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi dalam ruang bakar. Ruang bakar sendiri berisi campuran antara udara dan bahan bakar.

Tinggi rendahnya tingkat kompresi sangat berpengaruh pada keadaan dan kinerja mesin. Jika kompresi mesin terlalu tinggi, maka mesin akan mengelitik. Sedangkan, kompresi yang turun akan mengakibatkan lost power atau tenaga berkurang.

2. Mencegah masuknya oli mesin pada ruang bakar

Ring kompresi bagian tengah dan ring oli berperan untuk mencegah oli mesin masuk pada ruang bahan bakar. Ring kompresi memiliki sisi luar berbentuk tirus yang menghadap ke dinding silinder. Sisi tirus ini akan menyapu oli mesin pada dinding silinder ketika ring piston bergerak turun.

Sedangkan ring oli berbentuk seperti pegas dengan rongga oli di sekelilingnya. Adanya ring ini membuat dinding silinder tetap terlumasi, namun oli mesin tidak dapat menembus ruang bahan bakar.

3. Menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder

Fungsi ring piston selanjutnya adalah menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder. Ring paling atas dan bagian tengah merupakan komponen yang ikut andil pada fungsi ini.

Piston motor sendiri memiliki permukaan yang menerima tekanan dan panas cukup tinggi. Ring paling atas dan tengah akan menyalurkan panas dari piston ke dinding silinder. Hal ini membuat temperatur permukaan atas piston lebih stabil.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.