Sukses

3 Orang Ini Menjadi Rahasia Kesuksesan Joan Mir di MotoGP 2020

MotoGP 2020 bisa dibilang penuh dengan kejutan. Tentu semua setuju bahwa sosok pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir yang berhasil mengunci gelar juara dunia adalah kejutan terbesar

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2020 bisa dibilang penuh dengan kejutan. Tentu semua setuju bahwa sosok pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir yang berhasil mengunci gelar juara dunia adalah kejutan terbesar

Gelar yang berhasil dikunci Joan Mir layak mendapat apresiasi. Mir memiliki performa yang konsisten, sehingga gelar juara memang layak untuk didapatkan.

"Saya tidak menyangka. Sejujurnya, saya memprediksi terjadi pada masa mendatang. Tapi, kami sudah memiliki titel dan itu menjadi milik kami," ungkap Joan Mir setelah mengamankan gelar juara dunia MotoGP.

Ya, saat semua pembalap mengalami gejala inkonsistensi, Suzuki dan Joan Mir sebaliknya. Dari total 13 seri yang telah berlangsung, Joan Mir naik podium tujuh kali meski hanya finis pertama sekali.

Dengan motor yang kompetitif musim ini, tentu ada orang-orang hebat di baliknya. Lantas siapa mereka? Berikut 3 nama sosok kunci sukses Suzuki dan Joan Mir pada MotoGP 2020:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ken Kawauchi (Technical Manager Suzuki)

Fakta motor Suzuki GSX-RR berstatus 'senjata' paling kompetitif di MotoGP 2020 merupakan andil dari Ken Kawauchi. Berkat tangan dingin Ken, Suzuki nyaris selalu kencang di setiap balapan.

Kelebihan motor Suzuki GSX-RR adalah bersahabat dengan ban justru saat masuk akhir balapan. Inilah alasan keberhasilan Joan Mir berulang kali naik podium meski tidak start baris depan.

Berkat Ken Kawauchi juga, Suzuki GSX-RR begitu minim mengalami kendala teknis. Sebuah hal yang terlihat di motor pesaing lainnya seperti Yamaha YZR-M1, Ducati Desmosedici, atau Honda RC213V.

3 dari 5 halaman

2. Davide Brivio (Manajer Tim Suzuki)

Davide Brivio merupakan sosok paling krusial dari keberhasilan Suzuki berjaya di MotoGP 2020. Sosok dengan jam terbang tinggi miliknya begitu penting buat Suzuki yang sempat vakum di MotoGP kemudian comeback ke kelas tertinggi musim 2015.

Terbukti sejak 2015 sampai sekarang, Suzuki tak pernah salah memilih pembalap. Dari mengorbitkan Maverick Vinales sampai duo Alex Rins dan Joan Mir yang begitu moncer musim ini.

Davide Brivio yang pernah berjaya bersama Yamaha dan Valentino Rossi juga membawa DNA juara di Suzuki. "Rasanya sangat emosional. Saya masih belum benar-benar menyadarinya. Saya harus memikirkannya untuk beberapa hari ke depan," kata Brivio beberapa waktu lalu.

4 dari 5 halaman

3. Sylvain Guintoli (Test Rider)

Skuad Suzuki sangat minimalis. Suzuki bersama Aprilia bahkan jadi tim pabrikan yang belum punya tim satelit pada ajang MotoGP.

Fakta tak ada tim satelit inilah membuat peran Sylvain Guintoli sebagai pembalap penguji teramat penting. Jika motor Suzuki GSX-RR kini begitu kompetitif, berarti memang ada peran besar Sylvain Guintoli.

Tentu Guintoli bukan pembalap sembarangan. Ia merupakan juara dunia Superbike musim 2014 bersama Aprilia. Meski di MotoGP kariernya gagal, tetapi Guintoli berhasil membantu Suzuki dan Joan Mir sukses di MotoGP 2020.

Sumber: Bola.com

Penulis: Hendry Wibowo

5 dari 5 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.