Sukses

Soft Opening Desember 2020, Pelabuhan Patimban Siap Bangkitkan Industri Otomotif

Menjadi salah satu jalur pemulihan ekonomi, Pelabuhan Patimbang di Kabupaten Subang, Jawa Barat ditargetkan selesai pada akhir November 2020 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu jalur pemulihan ekonomi, Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat ditargetkan selesai pada akhir November 2020 ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam sesi webinar bersama Liputan6.com, Jumat (20/11/2020).

"Diharapkan kita akan mulai melakukan soft opening pada bulan Desember. Insya Allah Bapak Presiden (Jokowi) bisa hadir, sehingga ini memberikan semangat bagi kita semua untuk melaksanakan kegiatan yang mulia ini," katanya.

Akan diproyeksikan sebagai jalur kegiatan ekspor impor, Menhub Budi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi sektor industri, khususnya industri otomotif dan logistik.

"Dengan makin dekatnya antara industri dengan pelabuhan maka tentu terjadi suatu efisiensi bagi logistik nasional," ujarnya.

Selain itu, proyek Pelabuhan Patimban juga turut didukung oleh pelaku usaha hingga instansi pemerintah lain, salah satunya Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampu Mendongkrak Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

"Saya banyak berdiskusi dengan Pak Menperin (Agus Gumiwang Kartasasmita) bahwa Kementerian Perindustrian sudah siap mendukung kegiatan ini. Dan pasti ini memberikan geliat tertentu, karena antusiasme dari Gaikindo itu begitu antusias," tuturnya.

Hadirnya Pelabuhan Patimban juga diharapkan mampu mendongkrak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Pelabuhan Patimban juga dapat diharapkan sebagai pengungkit utama daripada pemulihan ekonomi nasional," kata Menhub.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.