Sukses

Melepas Aki Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Begini Caranya yang Benar

Jika aki bermasalah, pemilik mobil sebaiknya segera melakukan pergantian. Tapi ingat, saat melepas aki tidak boleh sembarangan

Liputan6.com, Jakarta - Aki mobil menjadi salah satu komponen yang penting bagi mobil. Jika bagian ini bermasalah, pasti mengganggu beberapa sistem, seperti starter, sistem kelistrikan dan pengapian, serta lainnya.

Jika aki bermasalah, pemilik mobil sebaiknya segera melakukan pergantian. Tapi ingat, saat melepas aki tidak boleh sembarangan.

Berikut, beberapa tips melepas aki dari mobil, seperti dilansir laman resmi Auto2000:

1. Lakukan Secara Hati-Hati

Aki adalah komponen mobil yang berguna untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian. Jadi sudah pasti kalau proses melepas aki tidak dilakukan secara hati-hati, maka Anda bisa mendapatkan masalah.

Sistem kelistrikan mobil bisa rusak dan akan menimbulkan bahaya lain untuk keselamatan pemilik beserta kendaraan. Jadi untuk melakukan pelepasan aki dengan benar sebaiknya lakukan secara hati-hati.

2. Fokus Kepada Bagian Kutub Negatif

Selayaknya sebuah komponen untuk memberikan daya listrik, aki memiliki kutub negatif dan positif. Untuk langkah awal, fokus terlebih dahulu kepada bagian kutub negatif. Anda bisa mulai melepaskan kabel, baut, dan juga klem pada bagian kutub negatif.

Mengapa harus kutub negatif terlebih dahulu? Tentu saja agar tidak ada hubungan arus pendek yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mulai Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika sudah melepaskan seluruh bagian kutub negatif, sekarang saatnya berpindah ke kutub positif.

Anda tinggal melepaskannya saja dengan mudah. Selain itu pastikan bahwa semua kabel dan klem telah terlepas. Jangan sampai ada yang masih terhubung dengan aki mobil Anda.

4. Angkat Aki Secara Perlahan dan Tegak Lurus

Ketika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lainnya, maka Anda bisa mulai mengangkat aki. Proses mengangkat aki ini harus dilakukan secara perlahan dan tegak lurus .

Alasan utama harus perlahan dan tegak lurus adalah menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Tentunya Anda tidak mau ada cairan aki yang tumpah dan mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil.

Jika sudah berhasil mengangkat aki tanpa tumpah dari mobil, sebenarnya proses ini telah selesai. Berarti Anda sudah melakukan cara melepaskan aki mobil yang benar. Selanjutnya Anda bisa mulai menggantinya dengan aki baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini