Sukses

Empat Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Mobil

Memiliki kendaraan bermotor tentu tak terlepas dari perawatan rutin yang harus dilakukan pemiliknya. Tak hanya dari sektor mesin, perawatan juga harus dilakukan agar seluruh komponen pendukung bekerja maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kendaraan bermotor tentu tak terlepas dari perawatan rutin yang harus dilakukan. Tak hanya dari sektor mesin, perawatan juga harus dilakukan agar seluruh komponen pendukung bekerja maksimal.

Cara merawat kendaraan juga butuh pengetahuan agar tak salah saat melakukan tindakan. Kebanyakan orang saat ini tidak menyadari bila kesalahan merawat mobil sering kali terjadi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kesalahan yang mungkin saja Anda lakukan dalam perawatan mobil seperti dilansir Garda oto, Jumat (13/11/2020).

1. Menyalakan Mobil Kemudian Langsung Menginjak Pedal Gas

Mesin mobil biasanya akan dinyalakan pemilik pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Meski baik untuk mesin, pemilik sebaiknya jangan langsung menginjak pedal gas saat pertama kali dinyalakan.

Sebab, ketika mesin melakukan kinerja seluruh komponen tidak akan langsung terkena pelumas bahan bakar. Harus menunggu beberapa menit, tergantung mesin yang digunakan.

2. Mencuci Bodi Mobil Menggunakan Deterjen

Ketika mencuci mobil menggunakan deterjen bodi akan lebih mengkilap. Perilaku seperti ini sudah menjadi hal yang sangat wajar karena kandungan di dalam deterjen dapat membuat permukaan besi atau kaca menjadi bersih.

Namun, ada konsekuensi yang akan di dapat jika terlalu sering menggunakan deterjen sebagai bahan pembersih bodi mobil. Efeknya, warna cat pada mobil akan memudar secara perlahan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Membersihkan Lantai Kabin menggunakan Air

Bisa dibilang hal ini merupakan kejadian yang sering terjadi pada beberapa mobil pribadi. Niat ingin membersihkan lantai agar tidak terkesan kotor, namun dampak yang dihasilkan sangat buruk.

Berpengaruh pada keawetan bodi, mobil yang sering terkena air akan cepat berkarat. Tidak hanya itu, mencuci lantai kabin dengan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada audio atau aliran listrik pada mobil jika terkena air.

4. Membersihkan Kaca Mobil Belakang dengan Pembersih Kaca

Membersihkan kaca mobil belakang dengan menggunakan pembersih kaca adalah hal yang sering dilakukan pemilik kendaraan. Cara ini sebenarnya dapat merusak komponen pada kabel pemanas defogger.

Solusi yang sangat dianjurkan untuk membersihkan kaca mobil bagian belakang yakni dengan menggunakan kain lap yang lembab kemudian basahi menggunakan air hangat.

Bersihkan secara perlahan dan merata agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.