Sukses

Ini Bahayanya Pakai Helm Tanpa Visor

Liputan6.com, Jakarta - Berfungsi melindungi kepala dari benturan kala terjadi kecelakaan, pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm saat berkendara di jalan.

Meski sudah memiliki aturan dan sanksi apabila melakukan pelanggaran, masih banyak pengendara enggan mengenakan helm saat berkedara.

Tak hanya itu, beberapa bahkan menggunakan helm yang tak memenuhi standar berkendara. Seperti, helm berbahan tipis hingga tak memiliki visor atau kaca pelindung.

Untuk menambah wawasan pengendara, berikut bahaya menggunakan helm yang tidak dilengkapi dengan visor atau kaca pelindung, seperti dilansir Wahana Honda.

Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Visor

1. Risiko mata mudah kelilipan benda asing

Visor atau kaca pelindung pada helm berguna sebagai penangkal debu, kotoran hingga hewan-hewan kecil yang berterbangan di jalan agar tak masuk ke area mata.

2. Mata lebih mudah silau dan penglihatan terganggu

Selain untuk melindungi indra penglihatan dari masuknya benda-benda asing. Kaca visor pada helm juga berguna sebagai penangkal sinar UV dari matahari agar tidak mengganggu penglihatan selama berkendara di siang hari.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kehilangan kendali dan konsentrasi

Jika indera penglihatan kemasukan benda asing atau silau saat berkendara. Secara otomatis, pengendara akan sangat terganggu.

Hal ini bisa berakibat fatal jika Anda tidak bisa memegang kendali setang motor dengan kuat dan stabil.

Risiko jatuh hingga menabrak objek yang ada di depan bisa saja terjadi. Jika Anda adalah penikmat helm bergaya retro yang tidak dilengkapi dengan visor, cara paling mudah melindungi mata ialah menggunakan goggle atau kacamata pelindung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.