Sukses

Naik Motor, Simpatisan Kawal Rizieq Shihab hingga Ikut Masuk Tol

Ribuan orang menjemput kepulangan Rizieq Shihab. Sayangnya, simpatisan pimpinan Front Pembela Islam itu tidak tertib berlalu lintas karena mengendarai motor di jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab kembali ke Indonesia, Selasa (10/11/2020). Menggunakan pesawat Boeing 777-368(ER) milik Saudi Airlines, ia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 08.38.

Setelah disambut oleh ribuan pendukungnya, Rizieq Shihab kemudian menuju markas besar FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, menggunakan Mitsubishi Pajero Sport nomor polisi B 1 FPI.

Setelah meninggalkan bandara, para pendukung Rizieq Shihab ini juga berangsur meninggalkan Bandara.

Namun, tersebar di media sosial, ada beberapa pengguna motor yang diketahui habis menjemput Rizieq Shihab, justru masuk ke tol bandara.

Anne, salah seorang pengguna jalan tol yang melihat kejadian tersebut mengatakan, para rombongan pemotor yang masuk tol ini dari arah tol Bandara.

"Itu naik motor di tol, ada yang bertiga tidak pakai helm. Bawa bambu dan bendera gitu, serem," jelas salah satu karyawan swasta di bilangan Jakarta ini, kepada Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan masuk tol

Lanjutnya, rombongan pemotor yang masuk tol ini, banyak keluar di tol Slipi, Jakarta Barat. "Anarkis sih enggak, tapi melanggar aturan lalu lintas di depan polisi dan dibiarkan," jelasnya.

Memang, jalan tol sendiri dkhususkan untuk roda empat atau lebih. Sedangkan pengguna motor, dilarang masuk ke jalur bebas hambatan ini.

Bahkan, hal tersebut, sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005, tentang Jalan Tol yang disempurnakan di PP Nomor 44 Tahun 2009.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.