Sukses

Mendeteksi Penyebab Lampu Indikator Airbag yang Tiba-Tiba Menyala

Umumnya lampu indikator yang sering menyala adalah seatbelt. Bagian ini akan memperingatkan pengendara mobil bahkan ada penumpang, atau mungkin pengemudi sendiri, yang belum memakai sabuk pengaman

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya lampu indikator yang sering menyala adalah seatbelt. Bagian ini akan memperingatkan pengendara mobil bahkan ada penumpang, atau mungkin pengemudi sendiri, yang belum memakai sabuk pengaman dengan benar.

Mungkin ada satu waktu kamu dibuat kaget dengan munculnya lampu dari indikator yang berbeda. Banyak juga pengendara yang menemukan lampu indikator airbag tiba-tiba menyala. Padahal pelampung udara itu tak pernah dipakai.

Untuk diketahui, cara kerja airbag memang selalu bergantung kepada sensor atau indikator lampu mobil. Kalau ada masalah sensor, segeralah temukan pemicunya.

Dikutip dari Auto2000, Senin (9/10), ada empat hal penyebab lampu indikator airbag tiba-tiba menyala. Lampu indikator pada bagian mobil memang harus selalu dicek berkala.

Salah satunya, indikator airbag menyala tiba-tiba sebenarnya merupakan gangguan yang sangat jarang terjadi. Lampu indikator ini mewakili SRS (Supplemental Restraint System) atau sistem pengamanan tambahan.

SRS digunakan untuk menyebut sebuah perangkat keselamatan pada mobil yang umumnya berupa airbag (kantong udara) dan sabuk pengaman.

Apabila lampu indikator ini menyala, bukan berarti airbag akan terkembang. Sebenarnya, lampu indikator tersebut memberi informasi bahwa terdapat gangguan pada perangkat keselamatan mobil entah itu pada komponen airbag, seatbelt, sensor keselamatan, atau bisa juga sistem keamanan mobil.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saklar Seatbelt Bermasalah 

Kemungkinan penyebab pertama indikator airbag menyala tiba-tiba datang dari sistem seatbelt, tepatnya pada saklar seatbelt. Bisa jadi, sedang ada gangguan pada saklar seatbelt.

Fungsi dari saklar ini adalah untuk mendeteksi apakah sabuk pengaman telah terpasang atau belum. Jika saklar seatbelt terganggu, maka lampu indikator airbag pun akan menyala.

Gangguan tersebut bisa berupa benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar dalam mendeteksi sabuk pengaman.

Jika melihat lampu airbag menyala, coba cek sabuk pengaman. Lihat apakah ada kotoran atau benda lain yang mengganjal.

Selain gangguan pada saklar seatbelt, lampu indikator airbag yang menyala juga bisa dipicu masalah pada clock spring.

Apa itu clock spring? Clock spring adalah sebuah komponen yang menghubungkan unit pengaturan airbag dengan driver module yang terletak pada roda kemudi. Komponen ini terpasang tepat di belakang roda kemudi.

Jika indikator airbag menyala, ada kemungkinan kabel clock spring mengalami masalah. Hal ini bisa terjadi saat kemudi dibongkar dan kemudian terjadi kesalahan dalam pemasangan kembali.

Untuk mengatasinya, kamu harus membongkar kemudi dan mengembalikan kabel clock spring pada posisi semula.

 

3 dari 3 halaman

Kode Komputer yang Tidak Sesuai 

Pemicu indikator airbag menyala tiba-tiba yang terakhir berasal dari masalah sistem keamanan mobil sendiri.

Mobil zaman sekarang kebanyakan tidak hanya dirakit dengan komponen mekanis dan kelistrikan, tetapi juga sistem komputer yang terdiri atas kode-kode rumit. SRS pun tersusun atas sistem tersebut.

Bisa jadi ada kode komputer yang tidak sesuai, error, atau bahkan tidak berfungsi lagi. Untuk memastikannya, kamu bisa datang ke bengkel terdekat.

Teknisi bengkel akan menggunakan alat khusus untuk mendeteksi apakah sistem komputer SRS pada mobil kamu bekerja dengan normal atau tidak.

Jika memang terdapat error, teknisi akan melakukan penyetelan ulang agar SRS normal kembali.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.