Sukses

Selang Rem Motor Juga Perlu Perawatan, Begini Caranya

Menjadi salah satu komponen penting dari sistem pengereman, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan selang rem agar berfungsi dengan baik saat digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu komponen penting dari sistem pengereman, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan selang rem agar berfungsi dengan baik saat digunakan.

Merupakan bagian paling krusial dalam kendaraan bermotor, rem yang mengalami kerusakan bisa berakibat pada kecelakaan. Agar lebih memahami cara merawat selang rem, berikut ulasannya dilansir Federal Oil, Senin (9/11/2020).

Melakukan Pemeriksaan Rutin pada Selang Rem

Pemilik kendaraan harus selalu mengecek kondisi selang untuk menghindari adanya kebocoran, retak, rusak, ataupun aus.

Cara pengecekannya cukup mudah, yakni meletakkan sepeda motor dalam keadaan tegak lurus dengan bagian kemudi. Kemudian periksan ketinggian cairan rem. Jika dibawah garis batas, Anda bisa menambah cairan rem sesuai spesifikasi.

Jarak Main Tuas

Tahukah Anda bahwa main tuas pada rem juga memiliki jarak tertentu?

Jarak inilah yang harus selalui dijaga. Pemilik kendaraan bisa menyetel jarak main tuas rem dengan cara memutar bagian mur pada rem hingga mencapai jarak 15 sampai 25 mm.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cairan Rem

Selang pada rem mengandalkan cairan untuk pengoperasiannya. Tanpa adanya cairan, selang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sebaiknya, periksa cairan setiap mencapai jarak 2.500 kilometer. Untuk selangnya, sebaiknya ganti setiap 4 tahun sekali.

 

3 dari 4 halaman

Penggunaan Kanvas Rem

Sepeda motor dilengkapi dengan indikator yang bisa menunjukkan batas pemakaian kanvas rem. Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan hal ini agar rem dapat berfungsi dengan lebih optimal.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.