Sukses

Daihatsu Bagikan 3 Tips Berkendara Aman dan Nyaman saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, pengendara mobil membutuhkan persiapan yang lebih dibanding musim kemarau atau panas.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, pengendara mobil membutuhkan persiapan yang lebih dibanding musim kemarau atau panas. Pasalnya, dengan kondisi jalan yang basah atau jarak pandang terbatas karena turun hujan, risiko kecelakaan jadi lebih besar.

Dibutuhkan berbagai persiapan, seperti fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga memahami teknik mengemudi yang baik.

Berikut tips aman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan ala Daihatsu:

1) Persiapan Diri

- Sebelum berkendara, sudah pasti harus memastikan kondisi kesehatan tubuh karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas.

- Kalimat sedia payung sebelum hujan bukan sekedar pepatah, tapi juga berarti secara harfiah. Sediakanlah payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki fasilitas atap kanopi. Sehingga, pemilik kendaraan dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

- Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara, dan untuk berjaga-jaga Sahabat Daihatsu dapat membawa alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2) Persiapan kendaraan

- Periksa kondisi ban, jika karet ban sudah tipis, sebaiknya segera ganti. Alur ban yang masih baik membantu kita untuk terhindar dari risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

- Cek kondisi karet wiper. Komponen ini sangat penting dalam menyapu air terutama bagian kaca depan demi menjaga visibilitas Sahabat dalam berkendara. Periksalah Karet Wiper secara berkala, apabila sudah getas dan sapuannya tidak bersih segera lakukan pergantian.

- Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi Sahabat atau pun pengendara lainnya.

3 dari 4 halaman

3) Selama berkendara

- Nyalakan lampu ketika hujan deras, karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan, khususnya lampu rem akan sangat membantu dan memberi tanda untuk pengendara di belakang.

- Menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain dapat memberi jarak dan waktu yang cukup bagi kita untuk bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, juga dapat memberikan waktu dalam menghindari genangan air yang dapat menyebabkan mobil melayang di atas air (aquaplanning).

- Perlu kita ketahui lampu hazard hanya digunakan hanya untuk darurat berhenti di bahu jalan, jangan menyalakan lampu hazard ketika hujan, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lainnya, khususnya di belakang kita. Pengendara lain di belakang menjadi tidak peka saat kita memperlambat laju kendaraan dan menjadi tidak tahu ketika kita akan berpindah jalur atau berbelok arah.

"Kami berharap, melalui sharing tips ini, Sahabat dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, jumat (6/11/2020).

 

4 dari 4 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.