Sukses

Unit Terakhir Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition Cuma Rp 300 Jutaan

Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition merupakan motor edisi khusus yang dimiliki Ducati.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition merupakan motor edisi khusus yang dimiliki Ducati. Motor ini lahir setelah Troy Bayliss menjuarai World Superbike Championship menggunakan 1098R.

Kini, unit terakhir Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition dijual Rp 300 jutaan di Malaysia. Stok terakhir ini disebut-sebut memiliki banyak keistimewaan. 

Sejak Ducati mendapat kesempatan untuk berkompetisi di World Superbike Championship, mereka terus berusaha untuk menguasai lintasan. Sebagai upaya untuk meningkatkan persaingan di sirkuit, akhirnya mereka menciptakan motor dua silinder V-twin.

Kesempatan itu muncul pada 2007 dengan memproduksi Ducati 1098 dan 1098R, yang juga memiliki sebutan “Ten-nine eight” sebagai penerus model 999. Di kelas serupa, kompetitor terberatnya kebanyakan berasal dari pabrikan Jepang seperti Honda CBR1000RR, Yamaha R1, Suzuki GSX-R1000 dan Kawasaki ZX-10R.

Hasilnya, pabrikan asal Italia ini memenangi ajang Superbike World Championship edisi 2008 dan 2011 dengan model Ducati 1098. Selain itu, di ajang British Superbike Championship musim 2009 pihaknya juga meraih kemenangan.

Secara keseluruhan, Ducati sendiri telah memenangi setidaknya 17 kejuaraan dunia sejak ajang Superbike World Championship diperkenalkan pertama kali pada 1988 silam.

Tidak hanya dibuat khusus untuk balap, Ducati juga merancang 1098R buat kebutuhan jalan raya. Sejak awal kemunculannya, banyak para pecinta kecepatan tertarik untuk meminangnya.

Motor berkapasitas 1198,4 cc ini pun didapuk sebagai yang terbaik di kelasnya kala itu. Produk global ini disukai para penggila Ducati karena memiliki bodi yang proposional dan dinamis.

Bicara mengenai Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition, sebenarnya sudah diluncurkan sejak 2009. Peluncuran edisi spesial Ducati 1098R sebagai bentuk perayaan gelar juara dunia World Superbike (WSBK) musim 2008 yang diraih oleh Troy Bayliss.

Pembalap asal Australia itu berhasil memenangi kejuaran WorldSBK sebanyak 3 kali bersama Ducati. Untuk menghormati rider yang kini sudah menjadi legenda, model ini hanya diproduksi sebanyak 500 unit dan hingga saat ini tinggal menyisakan satu.

Antara 1098R standar dengan versi edisi spesial, memiliki beberapa perbedan detail. Paling mencolok tentu saja livery yang terpasang. Kombinasi warnanya serupa dengan motor balap milik Troy Bayliss pada seri terakhir WSBK 2008 di Sirkuit Portimao, Portugal.

Motif itu juga terbilang istimewa karena dirancang langsung oleh desainer perlengkapan balap kondang Aldo Drudi. Bercorak yang didominasi warna putih, merah dan biru.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rancangan Giandrea Fabbro

Bagian fairing, tangki dan buntut didominasi putih. Di sayap aerodinamisnya diberikan setengah gambar bendera Australia lengkap dengan number plat ‘21’ di tiap sisi dan di atas lampu.

Tak lupa juga terpasang identitas 1098R dan Ducati Corse. Sisanya warna merah khas Ducati, yang tentu saja terlihat di bagian rangka, sayap bawah dan di beberapa list bagian bodi. Kombinasi itu sukses membuat tampilan superbike ini lebih atraktif.

Ducati 1098 sebenarnya membawa desain yang mengambil basis dari perpaduan seri Ducati 998 dan juga 999. Termasuk lampu depan berdesain horizontal dan juga exhaust system yang tidak terintegrasi.

Motor yang dirancang oleh Giandrea Fabbro (desainer Ducati) ini juga membawa komponen single-sided swing arm yang serupa dengan seri Ducati 998.

Pada 2009 atau sebelum 1098R Troy Bayliss Limited Edition dirilis, Ducati melakukan penyegaran untuk meningkatkan kinerja kuda besi tersebut.

Perubahan utama meliputi upgrade mesin Testastretta Evoluzione V-twin 90 derajat dan fitur Ducati Traction Control untuk penangan motor yang lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Performa

Di bagian jantung pacu, motor ini membawa mesin tipe 4-stroke, L-twin cylinder 90 derajat, DOHC, Desmodromic, 4 katup per silinder, berkapasitas 1.099 cc.

Dengan modal tersebut, Ducati 1098 mampu meniupkan tenaga maksimal 180 Hp pada putaran 9.750 rpm dan torsi puncak menembus 134 Nm di putaran 8.000 rpm. Untuk penyalur tenaga menggunakan girboks 6-percepatan dengan fitur hidraulic control slipper clutch.

Uniknya, panel instrumen pada Ducati 1098R Troy Bayliss Limited Edition dibuat sama dengan versi balapnya. Panel instrumen tersebut bisa menampilkan spidometer, rpm mesin, temperatur udara dan pendingin, tekanan oli, sampai lap time.

Unit yang tersisa satu ini berada di salah satu showroom di Malaysia. Model spesial ini dijual secara off the road dan kilometer masih menunjukkan angka nol.

Superbike ini dibanderol 90 ribu ringgit Malaysia atau setara Rp 317 jutaan (1 Ringgit Malaysia = Rp 3.527,17 per 29 Oktober 2020). 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.