3 Alasan Mengapa Harus Pakai Mobil Listrik di Jakarta

Oleh stella maris pada 09 Nov 2020, 12:07 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 16:25 WIB
Ilustrasi mobil ramah lingkungan
Perbesar
Ilustrasi mobil ramah lingkungan yang berkendara di jalur berliku/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Mobil listrik disebut sebagai salah satu cara untuk menekan tingginya emisi. Bahkan di beberapa negara, mobil listrik sudah digunakan dan penjualannya meningkat. 

Ya menggunakan mobil listrik selain hemat bahan bakar, pastinya juga ramah lingkungan. Nah kira-kira, hal mendasari apalagi ya yang mengharuskan kita menggunakan mobil listrik di Jakarta? Berikut alasannya: 

1. Suara Lebih Senyap

Mobil listrik cenderung memiliki suara yang lebih senyap dibanding mobil konvensional. Itu karena mobil ini ditenagai oleh penggerak listrik murni. 

2. Lebih Irit

Untuk mobil listrik yang hadir di Indonesia, tak sepenuhnya mengandalkan listrik untuk pasokan tenaga. Itu karena Indonesia belum memiliki infrastruktur pengisian listrik alias charging station layaknya di luar negeri. 

Ada mobil listrik yang ditenagai oleh mesin motor listrik namun untuk pengisiannya disokong oleh mesin konvensional. Dengan kata lain, motor listrik mendapatkan pasokan tenaga dari baterai. 

Sementara untuk mengisi baterai, mendapatkan suplai energi dari mesin bensin. Nah di sinilah iritnya! Bahan bakar (bensin) digunakan hanya untuk charge baterai untuk mengalirkan listrik ke mesin motor.

Dengan pengaturan waktu yang optimal untuk memastikan mesin bensin hanya bekerja saat diperlukan, maka mobil tidak hanya senyap saat dioperasikan, melainkan juga efisien bahan bakar.

2 dari 2 halaman

3. Hadirkan Banyak Fitur Keamanan

Mobil listrik yang hadir di Indonesia sangat mementingkan kebutuhan para penggunanya. Oleh karena itu, banyak inovasi fitur yang ditawarkan dari sisi keamanan dan kenyamanannya. 

Misalnya saja, ada fitur Intelligent Cruise Control (ICC) yang merupakan fitur yang memiliki sensor di bagian depan mobil untuk membantu mengendalikan jarak dengan kendaraan di depannya. 

Intelligent Around View Monitor uang merupakan fitur canggih yang menggunakan empat kamera dengan situasi split-screen close-ups di depan, belakang, kiri, dan kanan. Jadi kamu dapat dengan mudah memarkir kendaraan karena mendapat tampilan dari arah atasw secara 360 derajat. 

Juga adanya fitur ternyaman di mobil listrik seperti One Pedal yang memungkinkan pengemudi berakselerasi dan mengerem hanya dengan satu pedal saja. 

Dengan fitur satu pedal, mau berkendara di ibu kota dengan kondisi macet atau sekadar liburan ke luar kota ke jalan berliku, nggak jadi masalah. Selain irit bahan bakar, tentunya kamu jadi makin nyaman dan anti pegel. 

 

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓