Sukses

Pal-V Liberty Jadi Mobil Terbang Legal Pertama di Dunia

Menjadi kendaraan yang sering digunakan dalam sebuah film, mobil terbang sering disebut sebagai kendaraan masa depan yang membuat penggunanya lebih hemat waktu dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kendaraan yang sering digunakan dalam sebuah film, mobil terbang sering disebut sebagai kendaraan masa depan yang membuat penggunanya lebih hemat waktu dan nyaman.

Melihat peluang tersebut, beberapa perusahaan berlomba-lomba menciptakan konsep mobil terbang, salah satu yang menarik perhatian ialah Pal-V Liberty.

Seperti dilansir Times Now, Senin (2/11/2020), perusahaan Belanda, Pal-V menjadi pabrikan pertama yang melegalkan mobil terbang di Eropa. Bisa digunakan di jalan raya, mobil canggh tersebut memiliki beragam fitur canggih.

Perusahaan mencatat, Pal-V Liberty telah menjalani serangkaian program uji berkendara yang ketat dan ekstensif di Eropa agar bisa legal di jalan raya.

Pengujian yang harus dilalui mobil tersebut tersebut meliputi sistem pengereman, oval kecepatan tinggi, emisi dan polusi suara, sebelum akhirnya diizinkan secara hukum untuk digunakan di jalan umum.

"Kami telah bekerja sama dengan otoritas jalan selama bertahun-tahun untuk mencapai tonggak ini. Kegembiraan yang dirasakan dalam tim sangat besar. Sangat menantang untuk membuat mobil terbang lulus semua tes di jalan," kata Mike Stekelenburg, CTO PAL-V.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Boleh Sembarangan Mengudara

Secara visual, Pal-V Liberty terlihat seperti mobil modern dengan tiga roda dan memiliki rotor yang dapat dilipat sehingga membantu kendaraan apabila ingin terbang.

Meski legal di jalan raya, bukan berarti mobil terbang bisa dengan bebas menggunakan keunggulannya mengudara. Menjaga keselamatan, Pal-V Liberty harus menuju landasan terbang apabila ingin diterbangkan.

Dapat menampung dua penumpang, Pal-V Liberty dapat mencapai kecepatan tertinggi 150 kilometer per jam dan memiliki tenaga 99 Tk saat dikendarai di jalan.

 

3 dari 4 halaman

Jarak Tempuh

Namun dengan mode penerbangan, mobil terbang ini dapat mencapai kecepatan maksimal 180 kilometer per jam dan dapat mengudara untuk jarak tempuh hingga 500 kilometer.

"Bagi saya, trik untuk berhasil membuat mobil terbang adalah memastikan bahwa desainnya sesuai dengan peraturan udara dan jalan raya. Saya merasakan energi dan motivasi dalam tim kami untuk bekerja keras selama beberapa pencapaian terakhir dan mendapatkan sertifikasi Liberty untuk bisa diterbangkan juga," ujar Mike.

4 dari 4 halaman

Infografis Drama Tragis Korban Corona di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.