Sukses

Penjualan Mobil Hybrid dan Listrik Mulai Menyusul Diesel

Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hybrid dan listrik dinilai menjadi alat transportasi masa depan. Perlahan tapi pasti, mobil ramah lingkungan mulai dilirik.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hybrid dan listrik dinilai menjadi alat transportasi masa depan. Perlahan tapi pasti, mobil ramah lingkungan mulai dilirik.

Hal itu telah terjadi di Eropa. Penjualan mobil hybrid dan listrik di sana sudah mengalahkan mesin diesel pada periode September 2020. Dan ini merupakan pertama kalinya terjadi di benua biru.

Melansir Autoexpress, ada sebanyak 1,3 juta mobil baru yang terdaftar di Eropa pada September lalu. Dan mobil listrik terjual sebanyak 327.000 dan diesel 322.400. Sedangkan mobil bermesin bensin masih menguasai pasar dengan perolehan 47 persen.

Data tersebut tentu cukup menarik. Pasalnya dalam satu dekade terakhir setengah dari penjualan mobil di Eropa adalah varian diesel. Pasar mobil diesel telah merosot menjadi 24,8 persen.

Hal ini dipengaruhi oleh skandal Dieselgate atau memanipulasi emisi gas buang mesin diesel yang dilakukan oleh beberapa pabrikan. Selain itu, pemerintah regional dan nasional terus menekankan kepada konsumen dan pembuat mobil untuk mengurangi emisi karbon.

Faktor itulah yang membuat pertumbuhan mobil hybrid dan listrik di Eropa begitu cepat.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Honda City Hybrid Resmi Meluncur, Apa Keunggulannya?

Resmi melakukan debut, Honda City varian RS e:HEV resmi memeriahkan pasar otomotif Malaysia. Memiliki mesin hybrid dengan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD), sedan generasi ke-5 ini akan dipasarkan awal tahun 2021.

Menggunakan hybrid Multi-Mode Drive (i-MMD), Honda City terbaru diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 106,5 Tk dan torsi 253 Nm. Dikombinasikan dengan Electric Continuous Variable Transmission (e-CVT), sistem penggerak pada model ini mampu menghasilkan akselerasi lebih bertenaga dan halus.

Selain itu, mesin i-MMD dan sistem Intelligent Power Unit (IPU) disebut mampu mengatur tiga mode mengemudi, yakni Drive EV, Drive Hybrid, dan Drive Engine.

Dilengkapi dengan Deceleration Selector Paddles, pengemudi bisa meregenerasi tenaga serta memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem.

Menawarkan Honda SENSING, Honda City Gterbaru memiliki Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

"Visi 2030 kami adalah memimpin kemajuan mobilitas dan memungkinkan orang di seluruh dunia untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari mereka. Malaysia merupakan pasar penting, selama 5 tahun terakhir, hampir 40 persen model hybrid yang dijual di wilayah Asia & Oseania berasal dari Malaysia," kata President and Chief Executive Officer, Asian Honda Motor Co., Ltd., Masayuki Igarashi.

Selain bermesin hybrid, Honda City juga tersedia dalam varian S, E dan V dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC. Dipadukan dengan Continuous Variable Transmission (CVT), mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 119,3 Tk dan torsi maksimal 145 Nm.

3 dari 4 halaman

Pemesanan Sudah Dibuka

"Dengan bangga kami perkenalkan untuk pertama kalinya di kawasan Asia & Oceania, e:HEV dengan sistem hybrid 2 mesin yang didukung Multi-Mode Drive (i-MMD). Saya yakin All-New City RS e:HEV akan semakin menggairahkan pasar Malaysia," ujar Igarashi.

Managing Director dan Chief Executive Officer Honda Malaysia, Toichi Ishiyama menambahkan, City menjadi model terlaris di Honda Malaysia dan memimpin segmen B selama 5 tahun berturut-turut dengan lebih dari 209.000 unit terjual.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.