Sukses

Berbahaya, Jangan Mendengarkan Musik Saat Mengendarai Motor

Guna menghilangkan kejenuhan saat berkendara sepeda motor, beberapa pengendara memilih untuk mendengarkan musik menggunakan headset.

Liputan6.com, Jakarta - Guna menghilangkan kejenuhan saat berkendara sepeda motor, beberapa pengendara memilih untuk mendengarkan musik menggunakan headset.

Mereka beranggapan mengendarai motor sembari mendengarkan musik dapat membuat suasana hati jadi lebih merasa senang dan nyaman.

Sayangnya, dampak positif yang diberikan tidak sebanding dengan risiko yang ditawarkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut risiko dari mendengarkan musik selama berkendara motor di jalan raya, seperti dilansir Wahana Honda:

1. Mengurangi tingkat konsentrasi

Sebagian orang berkendara dengan mendengarkan musik memang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan fokus. Namun hal ini tak berlaku pada orang-orang yang mudah terdistorsi konsentrasinya.

Alih-alih membuat mereka lebih fokus pada jalan raya, mendengarkan musik justru akan membuatnya kehilangan fokus hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, Anda perlu memahami diri sendiri. Apakah Anda termasuk orang yang mudah terganggu konsentrasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Risiko tidak mendengar klakson dari pengendara lain

Bunyi klakson pada kendaraan merupakan cara berkomunikasi antar pengendara. Misalnya, ketika Anda ingin menyalip kendaraan yang ada di depan.

Jika pengendara di depan mendengar suara tersebut, biasanya mereka akan sedikit menepi dan membuka jalan untuk Anda.

Namun, bayangkan jika ternyata pengendara di depan menggunakan headset. Bunyi klakson yang dinyalakan mungkin tak terdengar. Alhasil, hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

3. Kabel headset yang panjang cukup merepotkan

Salah satu kendala dari penggunaan headset saat berkendara adalah kabel yang cukup panjang. Jika Anda tidak mengenakannya dengan tepat, kabel bisa mengganggu fokus selama berkendara.

Bisa saja kabel menyangkut lengan atau tangan hingga menyebabkan Anda kehilangan kendali dan keseimbangan.

Jika sudah demikian, sudah dipastikan risiko paling buruknya adalah terjatuh dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini