Sukses

Bugatti Siap Luncurkan Model Baru Besok, Intip Bocorannya

Bugatti akan memperkenalkan satu model baru pada 28 Oktober 2020. Tak banyak informasi yang dibocorkan, hanya teaser lampu belakang berbentuk X dan foto bertuliskan 0,67.

Liputan6.com, Jakarta - Bugatti akan memperkenalkan satu model baru pada 28 Oktober 2020. Tak banyak informasi yang dibocorkan, hanya teaser lampu belakang berbentuk X dan foto bertuliskan 0,67.

Banyak spekulasi beredar, namun setidaknya spy video dari G-E Supercars dapat sedikit mengobati penasaran. Sirkuit Paul Ricard, Prancis diketahui sebagai spot tertangkapnya sang model baru Bugatti. Di sana, ia tidak telanjang bebas lantaran terlihat masih ditutup kamuflase.

Meski begitu, bungkusan pengecoh tidak sanggup menyembunyikan desain tubuh super agresif. Bak kontestan Le Mans Hypercar, jauh dari gambaran produk modern pabrikan seperti Veyron dan Chiron – yang melenggok seperti monster mutan VW ‘Kodok’.

Entah apakah sang hypercar misterius bakal menjadi produk jalan raya atau dibuat untuk mengikuti kompetisi endurance. Yang jelas terlihat begitu radikal lewat komposisi kubah kokpit di tengah bodi. Posisi yang agak maju mengisyaratkan bahwa ia mengadopsi layout mesin tengah. Lalu, sudut-sudut tajam meramaikan seluruh bagian tubuhnya. Contoh di fasad depan, raut muka intimidatif memainkan komposisi sayatan lampu mengangkat dan kanal udara serba besar. Tak ketinggalan elemen tradisional grille berbentuk tapal kuda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misteri

Kubah kokpit tidak dipangkas plontos. Dapat dilihat air-scoop besar – yang kemungkinan menjadi jalur pasokan udara ke mesin – dan disudahi sirip memanjang ke belakang. Permainan aliran udara pun tidak dilakoni roof scoop saja. Setidaknya banyak sirip dan air intake lain di sekujur tubuh. Tak luput dari perhatian adalah rongga besar persis di belakang roda depan. Bukan sekadar sayatan insang, wujudnya seperti pintu gua berisi stalagtit dan stalagmit rangkaian suspensi Bugatti.

Di belakang, set lampu menyilang seolah mengonfirmasi teaser Bugatti di Instagram. Tampak sangat fiksional dengan empat lubang knalpot dan lampu diagonal. Begini mungkin bila X-wing Starfighter dari Star Wars direalisasikan ke format hypercar. Yang jelas tampil begitu gahar, apalagi tapak ban slick dapat langsung dinikmati dari belakang. Telanjang tanpa ditutup-tutupi. Tak ketinggalan sayap lebar berikut diffuser menambah kegilaan lenggokan bokong.

Tujuan dari model ini masih menjadi misteri, mungkin hingga ia diluncurkan nanti. Mengamati rancangan luar, ada spekulasi kalau Bugatti bakal menempatkannya di dunia kompetisi – bukan jalan raya. Atau, setidaknya jadi bagian realisasi konsep Vision Le Mans. Apalagi dalam video diketahui ia mengenakan ban ulir botak Michelin. Hingga saat ini belum ada kejelasan terkait intensi model serta potensinya.

 

3 dari 4 halaman

Teka-teki

Unggahan foto berisi angka 0,67 menjadi teka-teki tersendiri. Membuat rumor terkait sumber dan potensi memacu menjadi semakin liar. Melansir Autocar, boleh jadi angka itu menunjukkan figur power-to-weight ratio dalam satuan kW/kg. Ilustrasinya begini: mobil seberat 2.000 kg harus memiliki output 1.340 kW (hampir 1.800 hp). Fantastis bukan? Capaian angka 0,67 kW/kg pun bukan hal mustahil, apalagi dalam dunia EV. Sudah ada kontestan hebat seperti Rimac C-Two, hadirkan 1.408 kW (1.914 hp) dengan bobot 1.950 kg.

Lain cerita dari Motor1, diduga menggunakan mesin W16 dengan output serupa Centodieci dan Chiron Super Sport 300+. Total output 1.177 kW (1.578 Tk) menjadi acuan prediksi. Untuk mencapai power-to-weight ratio 0,67 kW/kg (kalau benar "0,67" mengisyaratkan rasio) diperlukan bobot 1.757 kg.

Probabilitas jantung konvensional lebih tinggi. Didukung pula oleh tangkapan spy video saat ia mengeluarkan suara gahar dari lubang knalpot. Banyak kemungkinan dan spekulasi, memang. Akankah ia menjadi hypercar baru Bugatti? Kita tunggu saja kepastiannya 28 Oktober nanti.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.