Sukses

Mengenal Fitur Keselamatan Peugeot Advanced Grip Control

Ada salah satu fitur keselamatan yang berguna di mobil dengan kelas yang cukup mewah, seperti Peugeot 3008 dan 5008, yaitu Advanced Grip Control.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan-bulan terakhir setiap tahun, hujan pastinya udah cukup sering terjadi. Dengan begitu, perlu disadari oleh setiap pengguna mobil ataupun motor, berkendara ketika musim hujan, diperlukan kewaspadaan lebih ekstra dibanding musim kemarau atau panas.

Dalam kondisi itu, ada salah satu fitur keselamatan yang berguna di mobil dengan kelas yang cukup mewah, seperti Peugeot 3008 dan 5008, yaitu Advanced Grip Control.

Fitur ini, berbentuk sebuah knob yang dapat mengatur kendaraan untuk beradaptasi sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui dengan lima pilihan mode, yaitu Snow, Mud, Sand, Normal, dan ESP Off.

"Fitur Advanced Grip Control ini sangat berguna karena Indonesia memiliki kondisi jalan yang sangat beragam. Dengan fitur ini para pemilik Peugeot 3008 dan 5008 SUV di Indonesia akan dapat lebih siap di saat harus melalui kondisi jalan yang tidak terduga sebelumnya," tukas Samsudin, National Technical Advisor dari Astra Peugeot, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu (24/10/2020).

Snow Mode, fitur yang mungkin sebagian orang menganggap tidak terpakai di Indonesia ini ternyata masih dapat berperan penting dalam menghadapi beberapa situasi yang ada di Indonesia. Fitur ini memberikan kemampuan mobil untuk beradaptasi dengan kekuatan cengkeraman dari setiap rodanya.

Kondisinya, saat mobil digerakkan dari kondisi statis dengan cara mengoptimisasi putaran roda agar dapat berakselerasi secara maksimal berdasarkan traksi yang tersedia. Di Indonesia fitur ini berguna saat melalui kondisi jalan yang sangat terjal/curam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mode

Mud Mode, fitur untuk kondisi jalan berlumpur ini memberikan akses bagi roda dengan traksi yang paling rendah. Putaran roda yang melimpah pada saat ingin menggerakan mobil dari kondisi statis.

Umumnya, terjadi di jalanan berlumpur. Hal ini lebih mudah karena putaran roda secara cepat pada roda bertraksi rendah tersebut membantu membuang lumpur sehingga mendapatkan traksi maksimal.

Sand Mode, mode ini sangat berguna saat melalui jalan berpasir. Mode ini memberikan akses bagi kedua roda penggerak untuk berputar rendah namun berulang untuk menghindari roda terkurung di dalam pasir. Hal ini kerap terjadi bila memaksakan putaran roda secara cepat pada jalan yang dipenuhi oleh pasir.

 

3 dari 4 halaman

Normal Mode

Normal Mode, mode ini memberikan sistem roda yang terkalibrasi antara satu dengan yang lain. Ini merupakan mode yang paling ideal saat melewati jalan beraspal secara umum.

ESP Off, mode ini memutus kontrol stabilitas dinamis (ESP) dan bantuan traksi (ASR) memberikan kontrol penuh bagi sang pengemudi terhadap torsi yang dialirkan ke kedua roda penggerak. Namun, untuk keamanan, fitur ini akan tersambung pada kecepatan di atas 50 km/jam.

4 dari 4 halaman

Gim Berbahaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.