Sukses

Mau Berkendara Aman dan Nyaman Saat Ada Demo, Berikut Tipsnya

Beberapa hari belakangan riuh aksi unjuk rasa penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Tak pelak rekayasa lalu lintas diberlakukan di sekitar lokasi unjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari belakangan riuh aksi unjuk rasa penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Tak pelak rekayasa lalu lintas diberlakukan di sekitar lokasi unjuk rasa.

Akibatnya, aktivitas pengguna kendaraan bermotor pun terganggu. Kemacetan tak terhindarkan. Selain itu, pengguna jalan juga diliputi rasa cemas jika sewaktu melintas terjadi kericuhan.

Agar Anda tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman saat ada aksi unjuk rasa, simak beberapa tips ringan dari Auto2000:

1. Pantau Berita Online

Sebelum berjalan, Anda bisa sempatkan untuk meng-update kondisi jalan via website berita online yang kredibel untuk melihat lokasi dan waktu kejadian unjuk rasa. Dengan begitu, Anda bisa menghindari dan mencari alternatif jalan lain yang aman. Dalam perjalanan, tetap pantau situasi dan kondisi terkini lewat radio atau media sosial sebagai langkah antisipasi jika ada perubahan situasi.

2. Manfaatkan Peta Digital

Gunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute perjalanan paling baik. Tapi sebelumnya pelajari dulu rute yang ditawarkan. Pertimbangkan pula alternatif rute lain untuk menjaga segala kemungkinan.

Saat di jalan, pantau terus peta digital. Anda harus mencari rute alternatif bila warna jalan yang akan dilalui berwarna merah pekat yang berarti macet parah.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Persiapkan Diri dan Mobil

Persiapan diri bisa dimulai dari menyiapkan makanan dan minuman sebagai antisipasi terjebak macet parah. Gunakan pakaian sewajarnya yang memudahkan untuk beraktivitas dan jangan membawa barang berharga berlebihan.

Gunakan masker dan bawa handsanitizer sesuai protocol covid. Untuk kendaraan, pastikan bahan bakar terisi penuh dan tekanan angin ban normal sehingga tidak perlu was-was di jalan. Cek cairan kendaraan seperti oli dan minyak rem untuk meminimalkan potensi masalah. Meskipun sepele, biasakan untuk pergi ke toilet sebelum mengemudi.

4. Kendalikan Emosi

Sebenarnya tanpa perlu ada aksi unjuk rasa/demo sekalipun, Anda harus menjaga emosi agar dapat mengemudi dengan tenang dan nyaman. Saat mencari jalan alternatif, Anda bisa terkena macet lantaran pengguna mobil lain juga mengambil rute yang sama. Oleh sebab itu, tetap jaga emosi, fokus dan waspada pada situasi yang ada.

5. Bersikap Tenang Saat Terjebak Aksi Unjuk Rasa/Demo

Bisa saja Anda bertemu para peserta unjuk rasa. Jangan lupa tutup seluruh kaca, pastikan semua pintu terkunci, dan letakkan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar. Tidak perlu terpancing emosi bila ada yang melakukan tindakan tidak baik.

Share lokasi ke keluarga atau teman sehingga mereka bisa memantau dan membantu jika terjadi sesuatu yang berbahaya. Jangan perlihatkan wajah tegang atau terdistraksi hal lain seperti main ponsel yang membuat Anda lengah dan memancing orang untuk melakukan kejahatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.