Sukses

Inilah Pemenang Kemenperin AMMDes Digimodz Jilid 2

Kontes modifikasi digital Kemenperin AMMDes Digimodz #2 telah menentukan para pemenangnya. Adalah Alat Mekanis Mutiguna Pedesaan (AMMDes) dengan konsep penyaring air bersih yang menjadi juaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes modifikasi digital Kemenperin AMMDes Digimodz #2 telah menentukan para pemenangnya. Adalah Alat Mekanis Mutiguna Pedesaan (AMMDes) dengan konsep penyaring air bersih yang menjadi juaranya. 

Pada kompetisi yang telah memasuki tahun kedua ini, AMMDes dengan tema Sanitary Solution ini menjadi yang terbaik dari 5 modifikasi yang menjadi finalis.

Desain karya Irvan Adi Pratama itu mengalahkan empat karya lainnya yaitu AMMDes Medical Waste Treatment Unit, AMMDes Kendaraan Taktis Kepolisian di Desa, AMMDes Bengkel Keliling, AMMDes Patroli Perbatasan Negara.

Kompetisi modifikasi digital yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian RI, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Kompetisi sudah dilaksanakan sejak 4 hingga 28 September 2020 lalu. Presiden Direktur PT KMWI, Reiza Treistanto mengatakan, total partisipan desain modifikasi yang masuk hingga akhir periode sebanyak 138 peserta kemudian disaring menjadi 65 peserta. Dan akhirnya dipilih lima karya terbaik.

Untuk pemenang utama akan mendapatkan satu piala Kemeperin, Sertifikat Penghargaan AMMDes Digimodz dan uang Rp 10 juta. Sedangkan kelima finalis mendpatkan sertifikat penghargaan dan uang masing-masig Rp 2 juta.

Mengusung tema 'Born to Inspire', AMMDes Digimodz 2020 diharapkan menjadi saluran inspirasi bagi para desainer digital yang diharapkan memberikan kontribusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan melalui desain modifikasi terbaik.

“Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat turut mendukung meningkatkan produktivitas masyarakat di desa melalui karya-karya yang inovatif,” kata Reiza Treistanto.

Namun yang lebih penting lagi adalah aspek aplikasi. Dengan kata lain meski kompetisi modifikasi digital, desain yang dibuat sebisa mungkin bisa direalisasikan. Seperti diketahui, AMMDes merupakan alat multifungsi yang bisa membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan.

Apakah ada peluang karya pemenang Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 untuk diproduksi massal? Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut kemungkinan tersebut bisa saja sesuai kebutuhan.

"Namun pastinya ada pertimbangan-pertimbangan lain sebelum desain itu diwujudkan," terang Putu beberapa waktu lalu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AMMDes Fire Fighter

Selain mengumumkan pemenang utama, KMWI di IMX 2020 juga menampilkan AMMDes dengan aplikasi Fire Fighters.

AMMDes pemadam kebakaran ini dirancang sebagai AMMDes yang bisa mencegah dan menanggulangi kebakaran di daerah minim infrastruktur jalan seperti di perhutanan dan pedesaan.

AMMDes Fire Fighters juga dapat digunakan di permukiman warga dengan jalan yang kecil yang tidak dapat dilewati truk pemadam kebakaran berukuran besar.

Reiza mengatakan AMMDes pemadam kebakaran ini dilengkapi pompa utama yang memiliki kemampuan 150 liter per menit dan daya semprot 30-40 meter. Kemudian ada pompa portable dilengkapi kemampuan 300 liter per menit.

"Tujuannya menarik air dari sumber air untuk dimasukkan ke reservoir dalam AMMDes yang berkapasitas 400 liter.

“Dalam penanganan kebakaran hutan, AMMDes Fire Fighters nantinya akan menjadi extender dalam proses pemadaman api. Dengan daya jelajah yang tinggi AMMDes ini bisa menjangkau hingga titik terdekat dengan api,” ucap Reiza dalam presentasinya.

 

3 dari 3 halaman

Beberapa Aplikasi AMMDes

Sejauh ini, beberapa aplikasi AMMDes telah diciptakan dan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat.

Aplikasi tersebut antara lain berfungsi sebagai perontok multiguna, pengupas gabah, pemoles beras, pompa irigasi, pengolah kopi, pembangkit listrik, penjernih air, pembuat es, pasca-panen pisang, pengumpan ambulans (ambulance feeder).

Bahkan, telah dirilis AMMDes dengan aplikasi water tank yang dapat digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan. Aplikasi ini dirancang untuk mencegah penyebaran virus korona baru (Covid-19).

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.