Setelah 2 Tahun Mobil Listrik Telsa Roadster Berhasil Mendekati Planet Mars

Oleh Arief Aszhari pada 11 Okt 2020, 16:10 WIB
Diperbarui 11 Okt 2020, 16:10 WIB
Elon Musk
Perbesar
Elon Musk mengirim Tesla Roadster miliknya ke luar angkasa(screenshot Youtube)

Liputan6.com, Jakarta - Tesla Roadster generasi pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh sang CEO, Elon Musk, kini sudah mendekati planet Mars.

Berdasarkan cuitan di akun twitter SpaceX, Roadster yang membawa penumpang sebuah boneka berbaju astronot bernama Starman ini berhasil mendekati Mars pada 8 Oktober 2020. Jarak mobil listrik asal Amerika Serikat ini, berada di 0,05 astronomical unit atau di bawah 5 juta mil dari planet merah tersebut.

Melansir Carscoops, berdasarkan sebuah situs bernama Where is Roadster? yang dioperasikan oleh programmer Ben Pearson, melacak posisi langsung Roadster dan Starman yang berada di 129 juta mil dari matahari dan bergerak ke arah tersebut dengan kecepatan 13.637 mil per jam atau 21.947 km per jam.

Masih harus dilihat seperti apa kondisi mobil itu, tetapi jika baterainya masih berfungsi, Space Oddity akan diputar lebih dari 264.000 kali di telinga kiri Starman dan 'Is There Life On Mars' diputar 356.888 kali di telinga kanan.

Sebagai informasi, Elon Musk meluncurkan Tesla Roadster ke luar angkasa dengan menggunakan Roket Falcon dari SpaceX pada 6 Februari 2018.

2 dari 4 halaman

Pecinta Lingkungan

Meskipun beberapa pecinta lingkungan tidak terkesan dengan langkah Musk, karena mengirimkan sampah ke luar angkasa tanpa alasan yang jelas. Tapi, hal tersebut telah menghasilkan keajaiban dari sudut pandang publisitas.

Seperti dilaporkan oleh LiveScience, para ilmuwan percaya, Roadster ini nanti akan kembali lagi ke Bumi atau mungkin masuk ke wilayah Venus.

Namun kabarnya, butuh waktu jutaan tahun lamanya hingga si mobil bisa kembali lagi atau justru beralih ke planet lain.

Perlu dicatat, saat mobil Tesla Roadster ini nantinya selesai melakukan perjalanan, bentuknya tidak sebagus saat lepas landas.

Kendaraan milik Tesla ini mungkin tampak bagus di Bumi, tetapi kondisi ruang yang keras dan tak bisa diprediksi bisa membuat bagian luar mobil jadi hancur atau bahkan manekin Starman mengalami kerusakan.

3 dari 4 halaman

Infografis Pilihan:

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓