Sukses

Coating Bisa Melapisi Wrapping Sticker, Ini Kisaran Harganya

Dengan melakukan coating untuk bodi mobil yang sudah dilapisi dengan stiker ini, perawatannya juga jadi lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Agar menjaga mobil kesayangannya tetap kinclong, banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi wrapping sticker. Selain membuat tampilan bodi mobil lebih bergaya, pelapisan menggunakan stiker ini juga bisa membuat kuda besi tetap mulus, bebas baret, dan melindungi warna asli mobil.

Teknik melapisi seluruh bodi mobil menggunakan stiker ini terus berkembang, mulai dari pilihan warna glossy dan doff, hingga saat ini ada stiker berbahan satin dan lebih premium. Meskipun harganya lebih mahal dari versi standar, tapi mobil dijamin terlihat lebih elegan dan bergaya.

Selain penggunaan bahan stiker premium, ada juga satu cara yang bakal membuat bodi mobil terlihat lebih kinclong, yaitu melakukan coating.

"Coating memang tidak hanya untuk cat saja, karena jika diaplikasi di stiker juga bisa dan membuat efek hydrophobic atau efek daun talas, dan menjadikan bodi yang terkena air langsung turun ke bawah dan tidak meninggalkan sisa," jelas Galih Sugiyanto, Punggawa New Pacman Sticker, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lanjutnya, dengan melakukan coating untuk bodi mobil yang sudah dilapisi dengan stiker ini, perawatannya juga jadi lebih mudah. "Kalau mobil kotor, hanya tinggal disiram air saja, kemudian dilap dengan kain bersih atau microfiber, beres," tegasnya.

Sementara itu, obat untuk coating bodi yang sudah dilapisi stiker dengan cat bawaan pabrik memang berbeda. Untuk coating tingkat kekerasannya hanya 3 sampai 6 H. Sedangkan untuk cat, bisa 9 H.

"Jadi, kalau obat coating untuk cat biasa digunakan di sticker, akan merusak stikernya. Bisa menimbulkan gelembung atau bentol-bentol. Karena, kalau coating cat kan untuk melapisi pori-pori bodi," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga

Sebagai informasi, pemasangan wrapping sticker ini memang memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp3,5 juta sampai Rp17 juta untuk yang menggunakan stiker premium atau satin.

"Harga juga tergantung mobilnya juga, apakah SUV, MPV, atau citycar. Tapi, dilihat juga dari tingkat kesulitannya karena pasti berbeda harganya. Untuk coatingnya sendiri, biayanya Rp1 juta," pungkas pemilik toko yang beralamat di Mall MGK, Lantai 5, Blok A21 No 2, Kemayoran, Jakarta Pusat ini.

3 dari 3 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.