Sukses

Suzuki Jimny Versi 5 Pintu Mulai Diproduksi di India

Maruti Suzuki ternyata sudah memulai perakitan Jimny sebagai percobaan

Liputan6.com, Gurgaon - Beberapa waktu lalu, berhembus kabar terkait produksi Suzuki Jimny yang akan dilakukan di India. Namun, produsen mobil terbesar di Negeri Bollywood ini sepertinya tidak tertarik, karena SUV tiga pintu tak akan cocok untuk pasar lokal.

Kemudian, melansir Rushlane, Maruti Suzuki ternyata sudah memulai perakitan Jimny sebagai percobaan.

Dari foto yang beredar, satu unit Suzuki Jimny sudah mulai dirakit di fasilitas Gurgaon. Diindikasikan, pekerjaan perakitan ini dilakukan pada September, dengan model Completely Knocked Down (CKD) alias impor.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya Suzuki memang menginginkan India menjadi satu-satunya pusat produksi Jimny.

Awalnya, perusahaan akan mengimpor unit CKD dan merakit di pabrik Gurgaon, meski sedang dalam pembicaraan dengan vendor lokal untuk membuat komponen Suzuki Jimny secara lokal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Produksi

Sementara itu, baik Suzuki Jimny konfigurasi 3 pintu dan 5 pintu akan dirakit di India. Untuk yang 3 pintu akan digunakan sebagai komoditi ekspor, dan lima pintu untuk pasar domestik (India).

Awalnya, perusahaan menargetkan memproduksi 4.000 sampai 5.000 unit per bulan, yang sebagian besar akan untuk pasar luar negeri. Dengan begitu, Maruti Suzuki menargetkan bisa meningkatkan pangsa ekspornya dari 7 persen menjadi 20 persen.

 

3 dari 4 halaman

2022

Peluncuran di India untuk Jimny spesifikasi 5 pintu diperkirakan akan memakan waktu lebih lama, karena akan diproduksi dengan komponen yang diproduksi secara lokal untuk menjaga biaya tetap terkendali.

Suzuki jimny 5 pintu ini, sepertinya bakal diluncurkan pada 2022, dan tidak akan dilakukan sebelumnya atau lebih awal.

4 dari 4 halaman

Infografis Pandemi Belum Berakhir, Gelombang II Covid-19 Mengancam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.