Sukses

Pelek Ini Bisa Jadi Obat Ganteng Yamaha NMax

Salah satu bagian yang kerap menjadi sasaran dalam modifikasi ringan adalah dengan mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi ringan menjadi solusi untuk meningkatkan tampilan tunggangan kesayangan. Salah satu bagian yang kerap menjadi sasaran dalam modifikasi ringan adalah dengan mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket.  

Pelek produk after market dianggap lebih kaya akan warna dan desain ketimbang standar motor. Pilihan pelek yang beragam membuat pemilik motor tinggal menyesuaikan dengan warna motor.

Untuk pelek keren, PT Enwan Multi Partindo selaku distributor RCB di Indonesia merilis pelek baru RCB seri FG 506 untuk Yamaha NMax. RCB FG 506 merupakan pelek dari jenis 'forged'. Tentunya anak motor atau pecinta dunia otomotif roda dua pasti paham istilah pelek forged, atau masih ada yang belum paham?

Pelek forged proses pembuatannya dengan cara ditempa kemudian dibubut sesuai dengan konsep model atau bentuknya. Sedangkan pelek casting proses pembuatanya dengan cara dicetak.

"Hanya saja untuk casting saat proses pembuatan butuh molding dengan cara dicor dalam cetakan. Sedangkan untuk forged lebih pada tempa dan bubut," ungkap Robby Ganie, Research And Development PT Enwan Multi Partindo.

Dengan demikian, lanjut Robby, pelek forged untuk NMax ini lebih kuat dan ringan dari pelek casting.

"Kalau dipasang, NMax akan terlihat lebih mewah, karena untuk pelek forged RCB FG 506 memiliki pilihan warna gold, merah, biru dan silver," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bobot Ringan

Menurut Robby proses pewarnaan pelek menggunakan sistem anodize, sehingga menghasilkan warna yang mengkilap dan tahan lama.

Keunggulan lain dari pelek ini adalah pada bobotnya yang ringan. Jika pelek standar NMax beratnya 8,38 kg untuk depan dan belakang, maka pelek forged RCB model FG 506 hanya memiliki berat 6,25 kg.

"Nah inilah kelebihan pelek buatan RCB, selalu bisa menciptakan pelek yang selalu lebih ringan dari pelek bawaan motor," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Enak Buat Touring

Selain itu, ukuran tapak pelek RCB lebih lebar 3,25 mm depan dan 3,75 mm belakang, sehingga diklaim lebih nyaman jika dipakai touring.

Pelek RCB forged FG 506 ini sudah plug and play atau PNP, tinggal pasang saja. Pastinya juga sudah dilengkapi pentil tubeless. Jika dipasang pelek forged RCB model FG 506, maka NMax akan terlihat lebih elegan dan mewah.

"Harga jual satu set di angka Rp 10 juta. Itu harga eceran tertinggi," ungkap Robby.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini