Sukses

Skutik Suzuki Semakin Pintar, Kini Dilengkapi Konektivitas Gawai

Kehidupan masyarakat tidak pernah terlepas dari gawai. Jika mobil yang bisa terhubung ke gawai bukan hal baru, rupanya pabrikan sepeda motor seperti Suzuki mulai menerapkan fitur ini.

Liputan6.com, New Delhi- Kehidupan masyarakat tidak pernah terlepas dari gawai. Jika mobil yang bisa terhubung ke gawai bukan hal baru, rupanya pabrikan sepeda motor seperti Suzuki mulai menerapkan fitur ini. Melalui pemegang merek di India, fitur konektivitas gawai diterapkan di skutik dagangannya.

Sebenarnya, belum lama ini lini tersebut baru saja mendapatkan pembaruan. Sesuai regulasi di Negeri Sari, emisi gas buang setiap kendaraan kini haruslah mengikuti standardisasi BS6 atau Euro 6. Aktivitas tersebut sudah dilakoni Suzuki terhadap dua motor matik mereka yaitu Burgman Street dan Accesss 125. Belum lagi soal kebaruan lain semisal aplikasi lampu utama LED.

Terasa minor, utamanya jika tetap mengandalkan panel instrumen analog-digital - seperti model lawas. Namun, hal tersebut ditepis Suzuki India melalui bocoran berikut. Seperti disampaikan Zigwheels, akan ada varian tambahan berbasis Burgman dan Access. Disampaikan pula jika keduanya bakal menggunakan instrumen serbadigital. Artinya, penyajian informasi dasar seperti takometer, spidometer, indikator bahan bakar, jarak tempuh dan lainnya bakal disajikan via layar LCD.

Belum lagi jika merujuk penampakan ini. Terlihat jelas bahwa penampang itu menampilkan tanda panah sebagai panduan navigasi turn by turn. Berkaca pada produk sejenis seperti Kymco Like 150 atau Yamaha NMax, Suzuki Burgman maupun Access punya perangkat untuk menghubungkan motor dengan smartphone via jaringan Bluetooth. Menurut sumber serupa, keterkaitan keduanya terintegrasi di dalam sebuah aplikasi bernama Suzuki Ride Connect.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelengkap Informasi

Berkat adanya konektivitas ini pula, pengendara bakal mendapatkan informasi tambahan. Mulai dari informasi daya gawai atau sinyal, pemberitahuan jikalau ada panggilan atau pesan masuk, level baterai seluler, mengetahui posisi parkir kendaraan hingga peringatan kecepatan maksimal. Keseluruhan fitur dapat dilihat langsung dari panel instrumen berukuran lumayan besar ini. Kabarnya, Suzuki juga memberikan penambahan berupa daytime running light (DRL) LED pada masing-masing varian atas - sebagai pembeda dengan Burgman dan Access tipe standar.

Tentu saja untuk mendapatkannya, konsumen harus membayar lebih. Berbasis kepada rekan kami di India, perbedaannya berkisar 3,500 sampai 3,800 Rupee atau sekitar Rp 700 ribuan dari varian terbawah. Dengan selisih tak berbeda jauh, penawaran ini mestinya menarik untuk pasar domestik India. Apalagi jika Suzuki turut menerjermahkan konsep modern itu pada lini lain semisal Gixxer.

 

3 dari 4 halaman

Suzuki di Indonesia

Kendati begitu, motoris di India saja yang bakal merasakan impresi anyar dari motor-motor Suzuki tersebut. Sementara di negara lain, tampak belum ada pergerakan berarti. Sebagai contoh Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mempertahankan perbekalan pada skutik Suzuki Nex II maupun Address. Andai saja mendapatkan ubahan serupa skutik India tadi, pastilah meningkatkan nilai jual produk tersebut.

Aplikasi di lini model lain seperti Suzuki Satria atau GSX 150 series, mestinya lebih logis. Toh, masing-masing sudah berpelengkap panel instrumen digital. Bayangkan jika kedapatan peranti penghubung dengan smartphone, Suzuki bakal jadi satu-satunya pabrikan yang memiliki motor sport 150 cc berpelengkap konektivitas gawai. Meski belum ada pergerakan, tak ada salahnya menunggu kabar baik dari pemegang merek Suzuki di Tanah Air ini.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Hindari Penularan Covid-19, Ayo Jaga Jarak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.